Warga Tangerang Bernafas Lega! DBMSDA Normalisasi Delapan Titik Drainase di Kabupaten Tangerang Mulai Juli 2022

Warga Tangerang Bernafas Lega! DBMSDA Normalisasi Delapan Titik Drainase di Kabupaten Tangerang Mulai Juli 2022

Travel | koran-jakarta.com | Minggu, 15 Mei 2022 - 14:06
share

Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang akan melaksanakan proyek perbaikan drainase di delapan titik ruas jalan Kabupaten Tangerang. Delapan titik tersebut adalah drainase Kutabaru, Jalan Sindang Jaya, Jalan Rajeg Rajawali, Kutajaya - Kutabumi, Gardu - Tanah Merah, Jayanti - Megu - Cisoka dan Sukabakti - Binong - Curug.

"Insya Allah mulai Juli 2022 setelah proses lelang selesai, pelaksanaan perbaikan drainase bisa langsung berjalan di 8 titik lokasi, yang tersebar di ruas jalan Kabupaten Tangerang," ujar Kepala DBMSDA Kabupaten Tangerang Iwan Firmansah Effendi.

Iwan menuturkan perbaikan drainase di kedelapan titik tersebut dilakukan karena terjadi pendangkalan saluran drainase akibat sedimentasi. Adapun proses perbaikan dilakukan dengan melakukan normalisasi dan pelebaran drainase sehingga air bisa mengalir lebih lancar. Dirinya juga menuturkan perbaikan drainase menjadi urgensi DBMSDA untuk mengurangi genangan air karena dapat membuat aspal jalan mudah mengelupas. Tak hanya itu, perbaikan drainase juga dilakukan untuk mengurangi potensi banjir di delapan titik tersebut.

"Perbaikan melalui normalisasi dan pelebaran drainase dilakukan agar mengurangi genangan dan potensi banjir, bahkan menjadi kebutuhan penting untuk merawat jalan agar tidak mudah rusak. Sebab, jika terlalu sering digenangi air, aspal akan mudah mengelupas," jelasnya dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, sebelum memulai perbaikan drainase pada Juli mendatang, DBMSDA terlebih dahulu akan memasang rambu peringatan dan penerangan pada lokasi drainase, serta pengaturan kecepatan lalu lintas yang bertujuan untuk meminimalisir resiko kecelakaan.

"Saya mengimbau untuk masyarakat agar selalu berhati-hati dan tetap waspada dalam beraktivitas di sekitar wilayah drainase," imbaunya.

Iwan juga menuturkan pihaknya akan selalu mengupayakan solusi terbaik demi mempercepat proses perbaikan drainase di delapan titik yang tersebar di Kabupaten Tangerang.

"Kami (DBMSDA) juga akan terus mengupayakan solusi terbaik dalam melakukan percepatan penanganan drainase, diharapkan masyarakat dapat bersabar karena penanganan yang kami lakukan bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah," lanjutnya.

Topik Menarik