Loading...
Loading…
2 Tahun Absen, Festival Lampion Waisak 2022 Kembali Hadir di Borobudur, Catat Jadwalnya!

2 Tahun Absen, Festival Lampion Waisak 2022 Kembali Hadir di Borobudur, Catat Jadwalnya!

Travel | indozone.id | Minggu, 15 Mei 2022 - 10:01

Hari Raya Waisak atau sering disebut sebagai Trisuci Waisak merupakan salah satu hari penting bagi Umat Buddha. Karena di hari itu terjadi tiga peristiwa penting, yakni kelahiran Pangeran Siddhartha Gautama, tercapainya penerangan sempurna oleh Pertapa Gautama, dan wafat atau mangkatnya sang Buddha Gautama.

Perayaan Hari Raya Waisak di Indonesia biasanya dipusatkan secara nasional di komplek Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Begitu juga untuk tahun ini, perayaan Hari Raya Waisak akan dirayakan di Candi Borobudur dengan tema 'Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagiaan Sejati'.

Dilansir Indonesia Travel , perayaan Hari Raya Waisakakan digelar dengan rangkaian perayaan yang dimulai pada 14-16 Mei 2022, di hari ketiga merupakan puncak dari perayaan tersebut.

Berikut ini tiga acara penting dalam rangkaian perayaan Hari Raya Waisak secara nasional di Candi Borobudur: Pengambilan air berkat dari umbul atau Mata Air Jumprit di Kabupaten Temanggung serta penyalaan obor menggunakan sumber api abadi di Mrapen, Kabupaten Grobogan. Obor akan disemayamkan di Candi Mendut dan kemudian dilanjutkan dengan prosesi arak-arakan menuju Candi Borobudur. Ritual Pindapatta: pemberian dana makanan kepada para bhikkhu atau pertapa oleh umat Buddha untuk memberikan kesempatan dalam melakukan hal-hal yang baik. Tahun ini, ritual Pindapatta direncanakan untuk diadakan di Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Semarang. Samadhi atau pertapaan pada detik-detik puncak bulan purnama. Nah, untuk penentuan bulan purnama ini adalah berdasarkan perhitungan falak atau orbit benda-benda langit, sehingga puncaknya dapat terjadi pada siang hari. Pada tahun ini, diperkirakan puncaknya akan datang pada Senin (16/5/2022), pukul 11.13.46 WIB.

Baca Juga :
4 Tradisi Hari Raya Waisak di Indonesia

Tak hanya tiga acara itu saja, nantinya juga akan ada pradaksina atau ritual mengelilingi Candi Borobudur, pawai, serta acara kesenian yang direncanakan digelar sekitar pukul 19.00 WIB.

Acara yang paling menarik saat perayaan Hari Raya Waisak ialah festival pelepasan lampion yang biasa disebut sebagai Lentera Puja. Festival ini sempat absen selama 2 tahun karena pandemi COVID-19.

Namun tahun ini festival tersebut kembali digelar, di mana akan dilakukan pada Senin (16/5/2022) pukul 18.00-19.30 untuk sesi pertama, sementara untuk sesi kedua dimulai pukul 20.30-22.00.

Baca Juga :
Arak-Arakan Umat Buddha Warnai Perayaan Waisak di Candi Borobudur

Pelepasan lampion ini bertujuan untuk menghilangkan hal-hal negatif dari diri manusia serta mewujudkan impian dan harapan dari setiap umat. Itulah kenapa di festival ini peserta harus menulis doa dan harapan di lampion yang mereka lepaskan agar menjalani kehidupan yang lebih baik.

Buat kamu yang mengikuti festival lampion, catat rincian jadwal jam buka, penukaran tiket dan pelepasan lampion Waisak 2022 di Candi Borobudur! Artikel Menarik Lainnya:

Original Source

Topik Menarik

{