Loading...
Loading…
Gak Cuma Indah, Ada Jejak Sejarah Islam di Pantai Legenda Tirtamaya! Seperti Apa?

Gak Cuma Indah, Ada Jejak Sejarah Islam di Pantai Legenda Tirtamaya! Seperti Apa?

Travel | indozone.id | Jumat, 13 Mei 2022 - 11:22

Sebagai daerah pesisir, Kabupaten Indramayu punya banyak pantai yang indah. Luas wilayahnya memang kecil, tapi ada lebih dari tujuh pantai di kabupaten ini. Salah satu pantai tertua di Kabupaten Indramayu yaitu Pantai Tirtamaya yang berlokasi di Desa Juntikedokan, Kecamatan Juntinyuat, Indramayu, Jawa Barat. Sejarah penyebaran Islam di Jawa Barat

Pantai Tirtamaya disebut sebagai pantai legenda karena menyimpan cerita sejarah. Konon di pantai ini merupakan tempat pelabuhan dari Ki Buyut Tuban, seorang murid dari salah satu Sunan yaitu Sunan Bonang yang mempunyai tugas menyebarkan agama Islam di Jawa Barat. Selalu ramai dikunjungi saat weekend dan hari libur (Faqih Mauludin/IDZ Creators)

Oleh karena itu, di Pantai Tirtamaya juga terdapat situs perahu kuno yang merupakan jejak peninggalan dari Ki Buyut Tuban yang saat itu menggunakan perahu ketika tiba di Indramayu. Tidak jauh dari Pantai Tirtamaya, juga terdapat Makam dari Ki Buyut Tuban. Pesona Pantai Tirtamaya

Selain bersejarah, pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama ketika weekend dan hari libur panjang. Enggak hanya wisatawan lokal, pengunjungnya juga banyak yang datang dari luar kota. Ombaknya tenang, aman untuk anak-anak (Faqih Mauludin/IDZ Creators)

Baca Juga :
Tak Hanya Budaya, Berikut Destinasi Wisata Alam yang Ada di Yogyakarta

Di sini kamu bisa menikmati keindahan hamparan laut lepas diiringi angin yang sepoi-sepoi. Tedapat saung-saung yang kamu pakai untuk bersantai atau berkumpul bersama. Kamu juga bisa bermain air di sekitar bibir pantai.

Pantai Tirtamaya dilengkapi dengan fasilitas wahana bermain untuk anak-anak seperti perosotan, ayunan dan lain sebagainya. Jembatan favorit untuk berfoto ria (Faqih Mauludin/IDZ Creators)

Yang paling favorit di Pantai Tirtamaya yaitu jembatan yang mengarah ke laut lepas. Kamu bisa berfoto-foto atau menikmati keindahan laut.

Ketika sore hari, suasana di sini semakin indah dengan panorama senja di ujung pantai. Tiket masuk Pantai Tirtamaya

Untuk masuk ke Pantai Tirtamaya, kamu hanya cukup membayar tiket masuk Rp10 ribu untuk pengunjung dewasa dan Rp5 ribu untuk anak-anak. Tiket masuknya terjangkau hanya Rp10 ribu per orang (Faqih Mauludin/IDZ Creators)

Kalau weekend tiket masuknya Rp12 ribu untuk dewasa dan Rp6 ribu untuk anak-anak.

Kalau berkunjung ke sini, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan, ya!

Baca Juga :
5 Pantai di Yogya Terkenal Horor, Nomor 3 Dijuluki Gerbang Menuju Keraton Gaib

Bagaimana cara bermainnya? Berikut video selengkapnya yang direkam oleh Tim IDZ Creators. IDZ Creators

Original Source

Topik Menarik