Berkah Lebaran Bali, Bandara Ngurah Rai Ungkap Jumlah Penumpang

Berkah Lebaran Bali, Bandara Ngurah Rai Ungkap Jumlah Penumpang

Travel | genpi.co | Jum'at, 13 Mei 2022 - 02:00
share

GenPI.co Bali - Tanda-tanda libur Lebaran 2022 di Bali bawa berkah terlihat kala Bandara Ngurah Rai ungkap jumlah penumpang yang dilayani mencapai ratusan ribu.

Sebagaimana diketahui, semenjak pandemi Covid-19 selama 2 tahun belakangan, pamor Pulau Seribu Pura sempat redup usai minim kunjungan wisatawan.

Namun, segalanya mulai berubah pada tahun 2022 ketika Corona mulai bisa terkendali. Nah, hal ini pun juga terlihat saat masa libur panjang, salah satunya Lebaran.

Tercatat, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali melayani sebanyak 343.104 orang penumpang rute domestik maupun internasional pada periode 29 April-8 Mei 2022 atau selama 10 hari masa libur Idul Fitri 2022.

"Pada momen libur lebaran ini memang terjadi peningkatan jumlah penumpang dan pesawat udara yang beroperasi yaitu sebanyak 2.447 pergerakan pesawat udara di Bandara I Gusti Ngurah Rai," kata Herry A.Y Sikado, Rabu (11/05/22).

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai itu mengatakan, peningkatan signifikan statistik lalu lintas angkutan bandara tersebut disebabkan adanya libur panjang didukung dengan kemudahan persyaratan penerbangan.

Dari jumlah 343.104 orang penumpang yang dilayani, sebanyak 279.079 orang merupakan penumpang domestik dan 64.025 orang adalah penumpang rute penerbangan internasional baik datang maupun berangkat.

Pada periode itu, tiga rute asal tujuan terbanyak penumpang yang tiba di Bali didominasi dari Jakarta 159.569 orang penumpang, Surabaya 45.655 orang penumpang dan 14.637 orang penumpang rute Ujung Pandang.

"Khusus penerbangan domestik kedatangan terbanyak terjadi pada tanggal 1 Mei lalu sebanyak 18.594 orang penumpang serta keberangkatan tertinggi terjadi pada tanggal 8 Mei 2022 dengan catatan 19.461 orang penumpang," ujarnya.

Herry Sikado menjelaskan, pihaknya sebagai operator Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sebelumnya juga telah memiliki persiapan khusus menghadapi lonjakan statistik tersebut.

Pihaknya juga telah menyiagakan posko terpadu angkutan lebaran yang melibatkan personil internal berserta unsur keamanan eksternal seperti TNI dan Polri.

Para petugas mengamankan flow keberangkatan area drop zone yang terdapat di dua lokasi yakni didaerah parkir premium dan depan terminal keberangkatan domestik.

"Kami bersinergi bersama pemangku kepentingan dalam menciptakan keselamatan serta keamanan dan seluruh fasilitas dipastikan berfungsi baik selama masa arus mudik dan arus balik lebaran," ungkapnya.

Pelayanan Bandara Ngurah Rai yang mencapai ratusan ribu atau tepatnya 343.104 ini makin membuktikan pariwisata Bali alami kebangkitan imbas berkah libur Lebaran. (Ant)

Jangan sampai ketinggalan! Kamu sudah lihat video ini ?

Topik Menarik