Loading...
Loading…
Perang Rusia - Ukraina Picu Krisis Dunia, NATO Sebarkan Pesawat Tempur Siluman Canggih ke Penjuru Eropa

Perang Rusia - Ukraina Picu Krisis Dunia, NATO Sebarkan Pesawat Tempur Siluman Canggih ke Penjuru Eropa

Travel | koran-jakarta.com | Minggu, 08 Mei 2022 - 13:30

Pesawat tempur F-35 dari Garda Nasional Udara Vermont tiba di Eropa untuk mendukung misi kepolisian udara NATO. Kantor berita Associated Press (AP) menuturkan, pesawat tempur generasi kelima akan menggantikan enam F-35 dari Skuadron Tempur ke-34 di Pangkalan Angkatan Udara Hill, Utah, yang tiba di Eropa pada Februari sebagai tanggapan atas agresi Rusia yang meningkat terhadap Ukraina dan sayap timur NATO.

Sejak itu, invasi Rusia ke Ukraina telah memicu krisis di seluruh benua, dan Angkatan Udara AS telah mengerahkan F-35, F-16, F-15, dan B-52 ke seluruh Eropa Timur.

Angkatan Udara menggambarkan F-35 sebagai pesawat tempur generasi kelima yang menggabungkan teknologi siluman yang paling modern di dunia saat ini.

Pesawat tempur buatan pabrikan Lockheed Martin bahkan disebut sebagai komputer bersenjata yang mampu berjejaring dengan pesawat lain di udara maupun dengan pasukan darat. Media Jerman, DW bahkan mengatakan F-35 mampu memproses ribuan informasi setiap detik dan dilengkapi dengan hulu ledak nuklir.

Program pengembangan F-35 juga merupakan sistem senjata militer AS yang paling mahal sebelum NGAD, dengan perkiraan total biaya 1,5 triliun dolar AS. Model pesawat yang berbasis di Vermont masing-masing berharga sekitar 94 juta dolar AS.

Baca Juga :
Perang Rusia - Ukraina Semakin Panas! NATO Kerahkan Pesawat Tempur Siluman F-35 ke Eropa untuk Pertama Kalinya, Buat Apa?

Mahalnya biaya pembangunan F-35 lantaran AS memilih mengembangkan tiga varian sekaligus. F-35 memiliki varian landing atau pendaratan vertikal serta dalam versi pendaratan di kapal induk.

Desain pesawat tempur F-35 juga dibuat khusus sebagai pesawat yang tidak dapat dideteksi oleh radar pertahanan udara musuh. Karenanya, bentuk aerodinamik badan pesawat sangat ramping. Seluruh persenjataan yang melengkapi F-35 juga terbungkus rapi dalam badan pesawat. Performa yang canggih juga membuat pesawat tempur itu diandalkan sebagai pengganti pesawat tempur lain yang sudah tua seperti F-16 dan F-18.

Angkatan Udara AS juga sedang dalam proses melengkapi lebih banyak unitnya dengan F-35 baik dalam tugas aktif Angkatan Udara maupun Garda Nasional Udara. Vermont menjadi unit Pengawal Udara pertama yang menerima pesawat tersebut.

Original Source

Topik Menarik