Loading...
Loading…
Megahnya Taman Istana Raja Belgia, Punya 15 Rumah Kaca Dibangun Selama 31 Tahun

Megahnya Taman Istana Raja Belgia, Punya 15 Rumah Kaca Dibangun Selama 31 Tahun

Travel | indozone.id | Minggu, 08 Mei 2022 - 10:11

Taman mewah berisi aneka ragam tanaman hijau dari negara-negara eksotis, bunga warna-warni, dan rumput yang tertata rapi, inilah gambaran dari taman milik keluarga Raja Belgia atau biasa disebut Serres Royales de Laeken. Taman ini berlokasi di bagian Utara Brussels.

Menempati area seluas 2,5 hektare, setiap musim semi taman kerajaan ini dibuka untuk umum. Pembukaan ini bertepatan dengan mekarnya bunga-bunga yang menyambut hadirnya musim semi. Keindahan taman ini enggak lepas dari penggagasnya yaitu Raja Leopold II dari Belgia. Taman Raja Belgia. (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Raja Leopold II juga yang menemukan ide cemerlang untuk membuat rumah kaca dengan mempercayakan proyek tersebut kepada seorang arsitek terkenal pada masanya bernama Alphonse Balut. Tidak tanggung-tanggung, proses pembuatannya memerlukan waktu selama 31 tahun yaitu sejak 1874 hingga 1905.

Memiliki desain arsitektur bergaya Art Nouveau yang sangat menarik dengan kubah dan hiasan berbentuk mahkota raja di atasnya. Taman dibuat seolah berbingkai kaca dan struktur penyangganya terbuat dari besi baja berbentuk lengkung dan didominasi oleh warna hijau pupus. Taman Raja Belgia. (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Baca Juga :
Wisata Taman Air Tirta Gangga, Kolam Eksotis Pemandian Raja Karangasem Bali

Ada lebih dari 15 rumah kaca di dalam taman ini dan pengunjung dapat mengelilinginya dengan santai. Menariknya 15 rumah kaca di dalamnya terhubungkan dengan terowongan yang dipenuhi bunga geranium, azalea, camelia dan abutilon beraneka warna dan bunga fuchsia yang bergantungan di atas atapnya. Semua tertata apik lengkap dengan aliran air mancur dan patung klasik.

Winter Garten adalah rumah kaca paling megah dengan tinggi kubah setinggi 25 meter dengan sanggahan pilar-pilar besar. Di tengahnya terdapat semacam aula mini dimana biasa digunakan sebagai tempat resepsi kerajaan dan kunjungan tamu. Taman Raja Belgia. (Fabiola Lawalata/IDZ Creators)

Di pinggirnya ditanami jenis pohon palem tinggi dari berbagai negara, seperti washingtonia filifera dari Mexico, howea forsteriana dari pulau Lord Howe Australia dan chamaerops humilis dari Meditarania, diantaranya telah ada sejak awal taman ini dibangun. taman

Serres Royales de Laeken setiap musim semi dibuka untuk umum dan aktivitas ini telah dilakukan selama lebih dari 100 tahun kecuali saat pandemik yang lalu. Dibuka mulai pukul 09.30 dengan tiket masuk sekitar Rp62 ribu untuk orang dewasa. Dana tersebut nantinya akan didonasikan untuk kegiatan amal milik kerajaan.

Baca Juga :
Wisata di Kebun Raya Cibodas, Indah Bisa Lihat Bunga Sakura dan Pohon Langka

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Lets join IDZ Creators dengan klik di sini. IDZ Creators

Original Source

Topik Menarik

{