Heboh Harga Tiket Pesawat Jakarta-Aceh Rp9,6 Juta, Lion Air Group: Masih Sesuai Ketentuan

Heboh Harga Tiket Pesawat Jakarta-Aceh Rp9,6 Juta, Lion Air Group: Masih Sesuai Ketentuan

Travel | indozone.id | Sabtu, 30 April 2022 - 08:46
share

Lion Air Group bersama maskapai anggota yang terafiliasi, memberikan tanggapan terkait kabar yang menghebohkan tentang tarif tiket pesawat rute Jakarta-Aceh sekali jalan (one-way) yang mencapai angka Rp9,6 juta menjelang Lebaran 2022 atau Idul Fitri 1443 Hijriah.

Menurut Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, tarif tersebut masih sesuai ketentuan yang berlaku.

"...bahwa pemberlakuan tarif masih sesuai dengan koridor ketentuan yang berlaku," ujarnya, dalam keterangan pers yang diterima Indozone, Sabtu (30/4/2022).

Pesawat Lion Air. (Instagram/lionairgroup)
Pesawat Lion Air. (Instagram/lionairgroup)

Sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat selama masa liburan dan Lebaran 2022, Batik Air, salah satu maskapai yang tergabung dalam Lion Air Group, mengoperasikan penerbangan reguler dan menambah penerbangan nonstop dari Jakarta ke Banda Aceh, namun semua kursi yang tersedia sudah terjual habis (sold out).

Untuk itu, sistem memberikan alternatif kepada calon penumpang untuk dapat menuju Banda Aceh dengan transit dan transfer (singgah dan ganti pesawat) menggunakan maskapai lain melalui Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deliserdang, dengan rincian:

- Jakarta Kualanamu dengan maskapai Batik Air (transit)

- Kualanamu Banda Aceh dilanjutkan dengan maskapai Wings Air (transfer)

"Pada penerbangan Batik Air, jika harga tiket kelas ekonomi habis terjual dan masih tersedia kelas bisnis, maka akan terjadi kombinasi harga kelas bisnis dengan kelas ekonomi maskapai lain," jelas Danang.

Pramugari Lion Air mengecek jumlah penumpang. (Foto: Humas Lion Air)
Pramugari Lion Air mengecek jumlah penumpang. (Foto: Humas Lion Air)

Hal tersebut secara otomatis akan memunculkan harga jual total tiket dari keseluruhan sektor transit menjadi satu informasi harga tiket yang harus dibeli oleh pemesan (calon penumpang).

Lion Air Group menghimbau kepada seluruh calon pengguna jasa layanan penerbangan (tamu dan penumpang) dalam menghadapi musim ramai (peak season) pada periode liburan dan Lebaran 2022 agar mempersiapkan rencana perjalanan lebih awal, bijaksana, teliti, lebih memahami dalam memahami informasi ketika melakukan pembelian tiket pesawat.

Pada penjualan tiket pesawat udara melalui sistem, Lion Air akan memberikan informasi terperinci mengenai rute, frekuensi penerbangan, nomor penerbangan, maskapai, tarif dan lainnya.

"Misal, penjualan dari www.lionair.co.id apabila ketersediaan kursi (seat) untuk penerbangan langsung tertera "N/A (not available atau tidak tersedia) dan "Sold Out (terjual habis)", maka sistem pada mesin pencari pada website, aplikasi, tour and travel, ticketing office, call center akan menawarkan atau memberikan alternatif sehingga muncul/ menampilkan pilihan baru rute lain sebagai solusi agar pemesan (calon penumpang) bisa sampai di tujuan (melalui transit dan transfer singgah di bandar udara tertentu sesuai rekomendasi sistem)," jelas Danang.


Sebelumnya, pantauan Indozone di situs Traveloka dan Tiket.com, harga tiket termurah berada di angka Rp2.805.000, namun tiket tidak tersedia. Begitu juga pada tanggal 30 April dan 1 Mei, yang harga terendahnya di angka Rp3.378.000, juga tidak tersedia.

Tiket yang tersedia mulai Senin, tanggal 2 Mei atau hari pertama Idul Fitri. Pada tanggal tersebut, di Tiket.com, harga tiket termurah yakni Rp2.177.400, dengan maskapai Batik Air, langsung dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Sultan Iskandar Muda.

Sedangkan di Traveloka, harga tiket Jakarta-Aceh termurah pada 2 Mei adalah Rp2.187.400.

Harga baru akan turun di tanggal 17 Mei, yakni Rp1.693.000 untuk harga termurah.

Artikel Menarik Lainnya:

INACA Ungkap Dua Penyebab Masih Tingginya Harga Tiket Pesawat

Era New Normal, Akhir dari Harga Tiket Pesawat Murah

Di Masa Depan, Harga Tiket Pesawat Bisa Naik Sampai 50%

Topik Menarik