Loading...
Loading…
4 Pemimpin Daerah yang Masih Keturunan Kerajaan, Ada Sultan dari Yogyakarta

4 Pemimpin Daerah yang Masih Keturunan Kerajaan, Ada Sultan dari Yogyakarta

Powered by BuddyKu
Travel | Okezone | Senin, 11 April 2022 - 05:18

JAKARTA - Dahulu kala, Indonesia terdiri atas banyak kerajaan. Mulai dari Kerajaan Kutai, Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Demak, hingga Kerajaan Majapahit. Kerajaan-kerajaan tersebut memang sudah tidak lagi eksis, namun keturunannya masih dapat ditemukan.

Di antara keturunan kerajaan tersebut, ada yang menjadi pemimpin daerah. Berikut daftarnya.

1. Dyah Hayuning Pratiwi

Dyah Hayuning Pratiwi merupakan Bupati Purbalingga periode 2021-2006. Diketahui, perempuan kelahiran 11 April 1987 ini mempunyai garis keturunan Kerajaan Mataram Islam. Perempuan yang akrab disapa Tiwi ini mempunyai keturunan dari Kyai Arsantaka, pendiri Kabupaten Pubalingga. Diketahui, Kyai Arsantaka adalah anak dari Kyai Wanakusuma II dan cucu dari Kyai Ageng Giring IV yang merupakan leluhur raja-raja Mataram Islam. Garis keturunan Kyai Arsantaka yang dimiliki oleh Tiwi ini berasal dari garis ibunya yang bernama RR Ina Ratnawati.

2. Arif Sugiyanto

Arif Sugiyanto merupakan Bupati Kebumen periode 2021-2026. Pada 21 Oktober 2021, pihak Keraton Surakarta Hadiningrat memberi gelar kehormatan kepada Bupati Kebumen ini sebagai Santana Riya Nginggil dengan gelar Kanjeng Raden Arya H. Arif Sugiyanto Wreksonagoro, SH. Arif diangkat menjadi Sentono Dalam (keluarga raja) karena dirinya secara silsilah mempunyai garis keturunan dengan Adipati Kebumen yaitu Aroengbinang V. Aroengbinang V merupakan keturunan bangsawan Keraton Surakarta.

Original Source

Topik Menarik