Selain Indonesia, 5 Negara Ini Juga Dilewati Garis Khatulistiwa

Selain Indonesia, 5 Negara Ini Juga Dilewati Garis Khatulistiwa

Travel | BuddyKu | Jum'at, 8 April 2022 - 03:15
share

JAKARTA - Garis khatulistiwa merupakan sebuah garis khayal bumi yang terletak melintang pada nol derajat dan membagi bumi menjadi dua belahan, utara dan selatan. Dengan panjang 40.075 km, garis khatulistiwa melewati perairan dan daratan. Indonesia adalah negara yang dilewati garis khatulistiwa.

Selain Indonesia, beberapa negara berikut juga dilewati garis khatulistiwa.

1. Somalia

Somalia merupakan salah satu negara yang dilewati garis khatulistiwa. Hal itu menyebabkan Somalia memiliki sedikit varian musim. Varian musim itu berupa cuaca hujan yang sering tak menentu dan cuaca panas di sepanjang tahun. Kondisi ini mengakibatkan wilayah menjadi gersang. Kelembapan di wilayah ini berkisar dari 40 persen pada sore hari dan pada malam hari hingga 85 persen. Namun kelembalan tersebut gampang berubah mengikuti musim.

2. Kepulauan Maladewa

Maladewa merupakan negara terkecil di Asia dengan total luas daratan 298 km persegi. Setiap pulau di negara itu dikelilingi oleh laut. Garis khatulistiwa di Kepulauan Maldewa melintasi daerah Fuvahmulah dan Gaafu Dhaalu Atol di bagian selatan Kepulauan Maladewa.

3. Brasil

Brazil merupakan salah satu negara terbesar di Amerika Selatan. Negara ini didominasi oleh hutan hujan dan bentangan Sungai Amazon. Garis khatulistiwa yang melintasi wilayah Brazil melewati beberapa pulau yang terdapat di mulut Sungai Amazon. Di Brazil terdapat dua musim yaitu musim hujan dan musim panas. Musim hujan biasanya terjadi di awal tahun dan musim kemarau terjadi di pertengahan tahun.

Topik Menarik