3 Daerah dengan Biaya Hidup Paling Mahal di Indonesia

3 Daerah dengan Biaya Hidup Paling Mahal di Indonesia

Travel | BuddyKu | Jum'at, 8 April 2022 - 01:12
share

BESARNYA biaya hidup di setiap daerah tentunya berbeda-beda. Terlebih jika daerah tersebut sudah dikenal dengan gaya dan kehidupannya yang maju, serta upah minimumnya juga cukup besar. Maka jangan salah jika biaya kehidupannya pun jadi relatif tinggi.

Selain itu, tingginya minat pariwisata dan kawasan industri juga memengaruhi besarnya biaya hidup di kota itu.

Sehingga tak jarang, banyak orang berbondong-bondong datang karena berharap bisa mendapatkan penghasilan lebih dibandingkan kota lainnya.

Lalu di mana saja kota yang mempunyai biaya hidup yang relatif besar. Berikut tiga di antaranya seperti MNC Portal himpun dari berbagai sumber.

1. Surabaya

Selanjutnya ada Surabaya, Jawa Timur. Di kota kelahiran mantan Presiden pertama RI, Soekarno ini, total rata-rata pengeluaran per kapita di Surabaya adalah sebesar Rp4,240,902. Kemudian total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah sebesar Rp16,115,429.

Surabaya menjadi bagian kota dengan biaya paling mahal, karena wilayah ini merupakan salah satu pusat bisnis setelah Jakarta. Tak hanya itu saja, julukan Kota Pahlawan ini juga kawasan metropolitan terbesar di Jawa Timur, sekaligus kota terbesar kedua setelah Jakarta.

2. Jakarta

Menurut hasil survei biaya hidup (SBH) tahun 2018, total rata-rata pengeluaran per kapita di Jakarta adalah sebesar Rp4,446,770. Sedangkan, total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah sebesar Rp16,897,727.

Jakarta sebagai ibu kotanya Indonesia menjadi salah satu kota tersibuk. Anda bisa melihat berapa padatnya masyarakat yang pergi kerja pada pagi hari, dan pulang malam hari, bahkan sampai larut.

Berbagai perusahaan ternama lokal, internasional hingga pemerintahan pusat terdapat di Jakarta. Gedung-gedung pencakar langit pun berjejer di setiap sudut kota Jakarta. Serta gaya hidup warganya yang metropolitan dan kekinian, membuat biaya hidup di kota ini relatif mahal.

Topik Menarik