6 Wisata Telaga di Puncak Bogor yang Indah Menawan, Ada yang Tempatnya Tersembunyi dan Tenang

6 Wisata Telaga di Puncak Bogor yang Indah Menawan, Ada yang Tempatnya Tersembunyi dan Tenang

Travel | BuddyKu | Jum'at, 8 April 2022 - 00:51
share

JAKARTA, iNews.id - Rekomendasi wisata telaga di Puncak Bogor berikut ini dapat menjadi referensi rekreasi yang menarik. Puncak Bogor memang menjadi destinasi wisata favorit yang menawarkan banyak pemandangan eksotis bernuansa alam pegunungan.

Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat kawasan ini begitu asri hingga memiliki banyak tempat wisata menari.

Salah satu wisata alam yang ada di Puncak Bogor yang dapat menjadi tujuan wisata untuk menghilangkan stres adalah telaga atau danau kecil.

Terdapat beberapa obyek wisata telaga di puncak Bogor yang memiliki ciri khas dan keindahan masing-masing. Selain eksotis, telaga di Puncak Bogor juga dapat menjadi wisata edukasi yang tak kalah menarik.

Dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, berikut ini adalah wisata telaga di Puncak Bogor yang wajib dikunjungi untuk menghilangkan penat.

1. Telaga Saat Puncak

Telaga Saat terletak di Desa Wisata Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Telaga ini menjadi salah satu destinasi wisata danau yang terindah di Puncak Bogor. Lokasinya yang tersembunyi membuat telahga ini memang kurang begitu populer pada awalnya. Namun setelah terekspos, telaga ini menjadi salah satu destinasi favorit.

Di sini, pengunjung dijamin akan dimanjakan dengan berbagai keindahan alam yang memukau. Pesona alam pegunungan, telaga indah, pepohonan hijau menjadi daya tarik yang istimewa di tempat ini.

Memiliki luas 1.500 hektar, telaga ini berada di kawasan Gunung Kencana yang dikelilingi perkebunan teh dan perbukitan terjal. Suasana yang disuguhkan sudah pasti asri, sejuk, dan air danau yang jernih menyegarkan mata. Keindahan telaga ini sangat Instagramable dan cocok sekali menjadi objek foto-foto.

2. Telaga Warna

Tak jauh dari Telaga Saat, ada objek wisata serupa yang tak kalah indah yakni Telaga Warna. Tempat ini menjadi salah satu obyek wisata alam yang populer dan fenomenal di Puncak Bogor.

Selain menyuguhkan suasana asri dan tenang, daya tarik utama tempat ini adalah air telaga yang sering berubah warna. Hal ini tak lain akibat pantulan berbagai jenis pepohonan yang tumbuh di sekitar danau.

Telaga Warna Puncak Bogor sudah cukup lama dibuka dan diresmikan sebagai kawasan cagar alam hutan gunung Mega Mendung dan hutan gunung Hambalang. Objek wisata ini bahkan sudah diresmikan sejak tahun 1972. Maka, tidak heran jika Telaga Warna menjadi objek wisata telaga di Puncak Bogor yang paling terkenal.

3. Danau Mandalawangi

Danau Mandalawangi terletak di kawasan Bumi Perkemahan Mandalawangi, Cibodas, Bogor. Tempat ini menjadi salah satu yang wajib dikunjungi jika berburu wisata alam di kawasan Bogor.

Mandalawangi berada di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Danau Mandalawangi sudah pasti akan menyuguhkan berbagai view dan lanskap yang memukau baik untuk berkemah atau rekreasi sejenak.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Mandalawangi Camping Ground, terdapat banyak fasilitas dan aktivitas wisata yang ada di tempat ini.

Khusus di danau, wisatawan bisa menikmati suasana alam indah secara lebih dekat dengan berkano. Bagi yang suka rintangan, ada juga jungle track dan fasilitas high rope seperti flying fox, lintas danau, lintas tali pohon, dan spider net.

4. Situ Burung

Wisata telaga di Puncak Bogor berikutnya adalah Situ Burung.Objek wisata ini berlokasi Jalan Carang Pulang, Cikarawang, Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pengunjung yang datang akan dibuat merasa lebih tenang dan damai karena lokasinya yang menjorok lebih ke dalam. dari Jalan Dramaga

Seperti namanya, situ atau telaga ini memang sering disinggahi berbagai jenis burung. Oleh sebab itu, pengunjung yang bersantai di sini tak hanya menikmati hamparan danau saja. Namun juga akan disuguhkan nuansa danau yang asri dan kawanan berbagai jenis burung yangterbang saat sore hari.

5. Setu Tamansari

Setu Tamansari menjadi objek wisata danau yang cocok untuk rekreasi dan refleksi. Pasalnya, lokasi objek wisata jauh dari pusat perkotaan dan membuat suasananya tenang serta sejuk,

Setu Tamansari juga menyuguhkan view pemandangan Gunung Salak yang indah. Jika beruntung, kamu akan melihat kabut turun pelan-pelan menyelimuti perbukitan di kaki Gunung Salak. Pengunjung juga bisa menyusuri danau ini dengan naik perahu yang disediakan.

6. Danau Ecopark LIPI Cibinong

Danau Ecopark LIPI Cibinong adalah wisata telaga di Puncak Bogor berikutnya yang wajib dikunjungi. Tempat ini juga dikenal dengan nama lain Danau Dora dan merupakan bagian dari Kebun Raya Cibinong.

Lokasinya beralamat di Kawasan LIPI, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pengunjung akan disambut dengan hamparan perairan luas dan indah. Danau ini semakin Instagramable karena disekat dengan jembatan kayu yang melengkung.

Topik Menarik