Buntut Invasi di Ukraina, Misi Rusia dan Eropa untuk Mendaratkan Penjelajah ke Mars Dipastikan Batal

Buntut Invasi di Ukraina, Misi Rusia dan Eropa untuk Mendaratkan Penjelajah ke Mars Dipastikan Batal

Travel | koran-jakarta.com | Sabtu, 26 Maret 2022 - 12:30
share

Konflik antara Rusia dan Ukraina belum juga menemukan titik terang, bahkan makin memanas. Alhasil, misi Rusia dan Eropa untuk mendaratkan penjelajah di Mars ditangguhkan.

Badan Antariksa Eropa (ESA) mengungkapkan penangguhan misi ExoMars tersebut merupakan sanksi atas invasi yang dilancarkan Rusia kepada Ukraina. Adapun serangan dilakukan Rusia sejak 24 Februari lalu, yang artinya sudah hampi memasuki satu bulan.

"Kami sangat menyesalkan korban manusia dan konsekuensi tragis dari agresi (Rusia) terhadap Ukraina," kata badan tersebut dikutip dari AFP , Rabu (23/3).

Sebelumnya, ExoMars telah merencanakan peluncuran pada 2020 lalu. Namun, wacana tersebut mengalami penundaan akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

Kemudian, misi tersebut dijadwalkan kembali untuk meluncur pada September 2022 mendatang. Misi itu direncanakan meluncur dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan oleh roket Soyuz Rusia, kemudian dibawa ke Mars oleh pendarat Kzachok Rusia untuk menempatkan rover di Mars, mengebor tanah, dan mencari tanda-tanda kehidupan.

Hingga akhirnya, Rusia melancarkan invasi ke Ukraina pada 24 Februari lalu. Adapun berbagai sanksi dari negara Barat yang diberikan Rusia. Bahkan, hingga kini misi Rusia dan Eropa juga ditangguhkan.

Penangguhan tersebut membuat dewan ESA menyatakan direktur jenderal mereka tengah menyiapkan studi cepat untuk menentukan opsi yang tersedia supaya bisa tetap menjalankan ExoMars tanpa Rusia. Namun, ke luar angkasa tanpa Rusia diprediksikan membutuhkan revisi besar. Sementara itu, peluncuran hanya dilakukan setiap dua tahun.

Tak hanya itu, seluruh misi ESA yang juga menggunakan roket Soyuz Rusia juga telah ditangguhkan, seperti dua satelit untuk sistem GPS Galileo Eropa, misi teleskop ruang angkasa Euclid dan satelit observasi EarthCARE Eropa-Jepang.

Topik Menarik