Fakta-fakta Kepulauan Kei, Keindahan Alamnya Benar-benar Nyata!

Fakta-fakta Kepulauan Kei, Keindahan Alamnya Benar-benar Nyata!

Travel | indozone.id | Rabu, 9 Maret 2022 - 10:40
share

Indonesia Timur memiliki kekayaan alam yang indah serta masih terjaga. Mulai dari danau, pegunungan, pantai hingga pulau-pulau kecil yang menyimpan pesona. Sehingga enggak heran, jika keindahan yang ditawarkan bukanlah suatu hal yang fiktif belaka. Salah satu daerah yang jarang diketahui oleh banyak orang adalah Kepulauan Kei.

Kepulauan Kei yang terletak di Provinsi Maluku ini menyimpan beragam keindahan alam yang akan membuat wisatawan yang berkunjung merasakan ketenangan. Mungkin kamu belum tahu, kalau Pulau Kei adalah salah satu pulau terindah dengan kekayaan wisata baharinya di Indonesia Timur.

Berikut fakta-fakta Kepulauan Kei yang wajib kamu tahu sebelum berkunjung ke sana:

1. Terbagi Menjadi Dua Pulau

kei
Kepulauan Kei, Maluku. (Azhar Jayazi/IDZ Creators)

Sebagai sebuah wilayah kepulauan, tentunya Kepulauan Kei memiliki banyak pulau yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Meskipun demikian, Kepulauan Kei memiliki dua pulau besar utama, Pulau Kei Besar dan Pulau Kei Kecil.

Kedua pulau ini masing-masing memiliki keunikan dan pesonanya masing-masing. Jika kamu ingin menikmati keindahan alam dan pesona Pulau Kei Besar terdapat pada beragam fasilitas dan destinasi wisatanya.

2. Memiliki Pasir Terhalus di Dunia dan Terpanjang di Asia Tenggara

kei
Kepulauan Kei, Maluku. (Azhar Jayazi/IDZ Creators)

Salah satu pesona Kepulauan Kei yang terkenal oleh wisatawan lokal dan mancanegara adalah keunikan pasirnya yang sangat lembut dan halus seperti tepung. Salah satu pantai di Kepulauan Kei yaitu Pantai Ngurbloat. National Geographic juga sempat menyatakan pantai ini sebagai pantai dengan pasir terlembut di dunia.

Banyak wisatawan yang kagum dan terkejut saat pertama kali mendatangi pantai tersebut. Selain pasirnya yang halus, Pantai Ngurbloat juga dikenal sebagai salah satu pantai dengan pasir terpanjang di Asia Tenggara, lebih indah lagi jika Kalian berkunjung di waktu sore hari sambil menunggu sunset yang enggak kalah indahnya dari daerah lain.

3. Memiliki 76 Destinasi Wisata

kei
Kepulauan Kei, Maluku. (Azhar Jayazi/IDZ Creators)

Selain Pantai Ngurbloat yang biasa dikenal pantai pasir panjang, di Kepulauan Kei juga terdapat 75 destinasi wisata yang tersebat di Pulau Kei Besar dan Pulau Kei Kecil. Kepulauan Kei yang tentunya memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing.

Meskipun terkenal dengan pesona sunset & sunrise yang indah, pantai yang bersih, dan pasir terhalus di dunia wisata di Kepulauan Kei tidak hanya terbatas di daerah pantai saja.

Kalian bisa merasakan goa-goa indah yang tersusun dari batu-batu secara Alamiah dan unik. Kepulauan Kei juga memiliki bukti-bukti sejarah dari Zaman Prehistoric, wisata religi, air terjun bertingkat dengan pesona luar biasa, dan masih banyak lagi.

4. Di Juluki Negeri yang Kaya Hasil Laut.

kei
Kepulauan Kei, Maluku. (Azhar Jayazi/IDZ Creators)

Kepulauan Kei dianugerahi terumbu karang yang produktif dan berlimpah, dikelilingi laut yang dalam. Seperti kebanyakan masyarakat Maluku, mata pencaharian masyarakat Kepulauan Kei merupakan suatu kombinasi dari kegiatan bercocok-tanam, berburu, dan nelayan di perairan sekitar pantai.

Karena terkenal dengan hasil lautnya, masyarakat di sini memiliki sebuah festival yang diberi nama Meti Kei. Digelar setiap bulan Oktober, masyarakat Kepulauan Kei akan melakukan tradisi menangkap ikan menggunakan berbagai macam cara, seperti memancing, memakai jaring, atau Wer Warat.

Wer Warat sendiri adalah salah satu tradisi menangkap ikan dengan rotan yang dililit pada janur kuning, lalu dibentangkan ke laut hingga membentuk lingkaran.

5. Adat Istiadat yang Kuat

kei
Kepulauan Kei, Maluku. (Azhar Jayazi/IDZ Creators)

Selain Keindahan & Kekayaan alamnya masyarakat Kepulauan Kei juga sangat memegang teguh adat istiadat yang dimiliki. Enggak heran jika wisatawan domestik maupun mancanegara tertarik untuk mengenal lebih jauh terkait budaya-budaya yang ada. Salah satu hukum adat yang masih kental dan berkembang di masyarakat bernama Larvul Ngabal.

Hukum Larvul Ngabal sendiri terdiri atas hukum pidana, hukum keluarga, dan hukum properti yang merupakan gabungan dua tatanan hukum yang berbeda dari dua moietas dalam masyarakat Kepulauan Kei, yakni Ursiu (serikat sembilan) dan Lorlim (serikat lima).

Jadi itu dia pesona keindahan salah satu yang surga tersembunyi yang ada di bagian timur Indonesia. Menarik sekali kan Kepulauan Kei ini mulai dari geografisnya, kekayaan alamnya, dan adat istiadatnya tentunya masih banyak lagi pesona yang dimiliki kepulauan ini.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik!Lets join IDZ Creators dengan klikdi sini

IDZ Creators
IDZ Creators