Baru Tahu, Ini Loh Pendiri Kota Pekanbaru!

Baru Tahu, Ini Loh Pendiri Kota Pekanbaru!

Travel | indozone.id | Senin, 7 Maret 2022 - 16:49
share

Pekanbaru, menjadi Ibu Kota Provinsi Riau. Enggak hanya memiliki segudang tempat wisata alam, tetapi kota ini juga memiliki sejarah yang panjang. Salah satu yang masih bisa ditemukan saat ini adalah jejak sejarah Kerajaan Siak yang masih terawat dengan baik.

Kalau ke Pekanbaru jangan lupa untuk mengunjungi Komplek Makam Marhum Pekan yang merupakan pendiri Kota Pekanbaru. Lokasinya berada di Jalan Mesjid Raya, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru.

pekanbaru
Komplek Makam Marhum Pekan, Pekanbaru, Riau. (Rudi Hartono/IDZ Creators)

Untuk menuju ke lokasi wisata sejarah ini, enggak jauh dari pusat perbelanjaan Pasar Bawah yang dikenal dengan aneka barang-barang khas Riau. Akses menuju tempat ini memang sangat mudah karena bisa menggunakan kendaraan umum.

Komplek pemakaman ini ditetapkan sebagai salah satu bangunan cagar budaya yang harus dilindungi keberadaannya sejak 2010. Awalnya masyarakat lebih mengenal kawasan ini dengan sebutan Perkuburan Mesjid Raya atau Kuburan Raja.

pekanbaru
Komplek Makam Marhum Pekan, Pekanbaru, Riau. (Rudi Hartono/IDZ Creators)

Baru sejak 2004, namanya diubah menjadi Komplek Makam Marhum Pekan. Pengunjungnya yang ke sini enggak hanya dari Pekanbaru melainkan dari berbagai wilayah bahkan dari luar negeri.

"Ini memang Komplek Pemakaman Raja Siak dan keluarganya. Kalau yang ziarah ke sini bukan warga Pekanbaru saja, tapi juga ada dari keluarga kerajaan daerah lain seperti Bugis, Makassar, dan hampir seluruh Indonesia. Bahkan dari luar seperti Malaysia, Singapura, dan Jepang " kata Danang, Juru Pelihara Komplek Makam Marhum Pekan.

pekanbaru
Komplek Makam Marhum Pekan, Pekanbaru, Riau. (Rudi Hartono/IDZ Creators)

Komplek Makam Merhum Pekan merupakan komplek pemakaman dari pendiri Kota Pekanbaru bersama keluarga dan kerabat dekatnya. Mereka yang dimakamkan di kawasan ini berasal dari keluarga Kerajaan Siak yang kemudian memerintah di Pekanbaru.

Marhum Pekan merupakan sultan ke-5 Kerajaan Siak, dikenal sebagai pendiri Kota Pekanbaru. Setiap hari libur dan hari keagamaan khusus umat Muslim biasanya ramai peziarah.

Jika ingin tahu dan melihat langsung kawasan wisata sejarah Melayu, bisa berkunjung ke tempat ini. Biayanya gratis dan bisa dikunjungi kapan saja.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik!Lets join IDZ Creators dengan klikdi sini

IDZ Creators
IDZ Creators
Topik Menarik