Pengembangan Wisata Prataan Parengan Tuban, Segera Dilengkapi Kolam Pemancingan

Pengembangan Wisata Prataan Parengan Tuban, Segera Dilengkapi Kolam Pemancingan

Travel | jatimtimes.com | Minggu, 27 Februari 2022 - 11:08
share

JATIMTIMES - Objek wisata air panas Prataan yang dikelola Perhutani KPH Parengan, akan mempercantik diri dengan melakukan pengembangan baru. Rencananya, area tersebut akan ditambah kolam pemancingan yang siap memanjakan pelancong saat berkunjung ke wisata alam yang berlokasi di Desa Wukiharjo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban tersebut.

Hal ini disampaikan petugas khusus Objek Wisata Prataan Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Parengan Utara Darmuka saat menerima kunjungan Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Tuban, Sabtu (26/2/2022) sore.

"Rencana bapak Adm KPH Parengan. Bulan ini launching kolam pemancingan ikan bagi pengunjung di lokasi sini," kata Darmuka.

Dia menambahkan, kolam pemancingan tersebut telah disediakan ribuan ikan nila, yang siap memanjakan pengunjung. Sehingga, selain kolam mandi air hangat dan terapi ikan, pengunjung juga bisa memancing. Kemudian hasil tangkapan ikan boleh dijadikan menu santap makan di lokasi wisata.

"Kami juga siapkan koki, agar ikan- ikan segar tersebut bisa di masak di lokasi atau dibawa pulang," imbuhnya.

Di lokasi, pengunjung prataan juga bisa melihat penangkaran hewan rusa Timor (Cervus Timorensis) yang dipelihara oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat, sebagai usaha meningkatkan perekonomian sekaligus pelestarian hewan yang dilindungi.

"Kalau untuk pemeliharaan seperti makan, minum di urus LMDH termasuk yang menjaga kolam terapi ikan. Bisa kami sampaikan pekerja di Wana Prataan sini rata-rata masyarakat hutan," jelas Darmuka.

Selain pengembangan tempat kolam pemancingan ikan, dan penangkaran rusa, di area wisata alam Prataan, juga memiliki 4.000 ekor ikan jenis Nilem Mangut yakni ikan khusus terapi. Di mana pengunjung bisa merendamkan kedua kaki ke dalam kolam seluas 5x9 meter dengan kedalaman lutut orang dewasa. Dengan begitu, pengunjung dapat melakukan terapi ikan sambil bersantai duduk-duduk ditepi bangunan dan menikmati gigitan ikan terapi terdebut.

Untung masuk ke lokasi waha Prataan Parengan, pengunjung hanya merogoh kocek karcis masuk sebesar Rp 12 ribu di hari biasa dan pada hari besar (hari libur) sebesar Rp 14 ribu.

Salah satu pengunjung perempuan asal Boureno Bojonegoro, Dian mengatakan, dirinya bersama suaminya, baru kali pertama berkunjung ke wisata Prataan yang terkenal dengan air hangatnya. Dia juga baru tahu di dalam area terdapat kolam ikan terapi dan penangkaran hewan rusa.

"Tempatnya asri menyatu dengan alam. Apalagi ada kolam ikan terapi dan rusa, swa foto jadi satu tempat sini," ungkapnya.

Dian mendukung upaya yang dilakukan Perhutani KPH Parengan. Apabila sebagai pengelola wisata, melakukan pengembangan yakni adanya objek kolam pemancingan.

"Tambah bagus dong. Bisa jadi satu wahananya mulai kolam pancing, ikan terapi, melihat rusa dan mandi air hangat," tutupnya.