7 Desa yang Punya Nama Unik dan Anti Mainstream, Nomor Terakhir Seram Banget

7 Desa yang Punya Nama Unik dan Anti Mainstream, Nomor Terakhir Seram Banget

Travel | sindonews | Minggu, 20 Februari 2022 - 12:39
share

JAKARTA - Desa yang punya nama unik dan anti mainstream sangat menarik disimak. Khususnya terkait asal-usul penamaannya. Mulai dari Desa Kasihan hingga Pocong.

Bahkanbeberapa diantaranya memiliki nama super unik. Ya, desa-desa di Indonesia tersebut diberi nama yang agak berbeda pada umumnya dan terkesan lucu.

Penasaran desa mana saja yang memiliki nama super unik dan lucu ini? Dirangkum MNC Portal pada Minggu (20/2/2022), berikut adalah 7 desa yang punya nama unik dan anti mainstream.

1. Kasihan

Saat mendengar kata kasihan, kamu mungkin langsung beranggapan bahwa itu adalah ungkapan rasa iba seseorang. Belum tentu, lho! Bisa jadi orang tersebut tengah menyebut nama sebuah kecamatan di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Di Kota Bandung, ada sebuah kelurahan bernama Sukamiskin. Ketika orang mendengar soal nama daerah yang satu ini, ungkapan yang cukup sering dikatakan ialah "miskin kok, suka?". Ternyata di daerah ini, terdapat sebuah penjara tempat ditahannya pelaku korupsi. Beberapa di antaranya ialah mantan Walikota Kota Bandung Dada Rosada dan mantan anggota Partai Demokrat Nazarudin.

3. Koplak

Anak-anak gaul kerap menggunakan istilah "koplak" untuk menyebut temannya yang ceroboh namun konyol. Padahal jauh sebelumnya nama ini digunakan untuk menamai sebuah dusun di Desa Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman.

4. Kasmaran

Merasa kasmaran setiap saat nampaknya cuma bisa kamu alami di Sumatera Selatan. Jangan kaget dulu, sebenarnya Kasmaran adalah nama sebuah desa yang letaknya sekitar 25 kilometer dari Kota Sekayu. Apa benar ya jika kita mengunjungi desa itu bisa ikut merasa kasmaran?

5. Toket

Memang banyak orang yang kerap menggunakan istilah toket untuk menyebut payudara. Akan tetapi toket yang satu ini adalah nama desa di Kecamatan Proppo, Pamekasan, Jawa Timur. Awas, hati-hati ketika bercanda mengenai nama desa ini di tempat umum ya jika tidak ingin kena semprot orang sekitar.

6. Tutup

Ada guyonan, jangan pernah ke Kantor Kepala Desa Tutup karena tidak pernah buka. Desa ini benar-benar ada di kecamatan Tunjungan, Blora, Jawa Tengah. Semoga sekarang kantornya tidak benar-benar tutup terus ya.

7. Pocong

Orang-orang Indonesia mengenal istilah pocong untuk menyebut jasad yang telah berkain kafan. Pocong juga disebut-sebut jenis makhluk halus lokal. Ternyata, istilah ini pun digunakan untuk menamakan sebuah desa di Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan, Madura.

Lalu, apakah di sana banyak pocongnya? Berdasarkan Pembakuan Nama Rupa Bumi Kabupaten Bangkalan 2012, daerah ini dinamakan demikian sebab masyarakat sekitar melihat pocong yang gentayangan di hutan. Orang di sana percaya, pocong itu adalah salah satu warga yang meninggal dan baru dikebumikan.

Ada juga lelucon yang beredar soal masyarakat di daerah ini. Jika ditanya asalnya dari mana, tentu mereka akan menjawab dari Pocong. Maka itu ketika mereka dipanggil anak pocong, sebutan untuk masyarakat dari desa tersebut, tentu mereka tidak akan merasa tersinggung bukan?.

Topik Menarik