The Jet Kapal Bertenaga Hidrogen yang Melayang di Atas Permukaan Air

The Jet Kapal Bertenaga Hidrogen yang Melayang di Atas Permukaan Air

Travel | koran-jakarta.com | Sabtu, 5 Februari 2022 - 10:00
share

Riset dan pengembangan kapal bertenaga hidrogen pertama di dunia yang dapat terbang setinggi tiga kaki di atas permukaan air akan dibangun di Dubai tahun depan. Kapal yang dinamai \'The Jet\' ini bertenaga dua sel bahan bakar hidrogen yang tidak menghasilkan emisi saat berlayar di atas ombak \'dalam keheningan\'.

Mekanisme kerjanya, The Jet akan menggunakan \'hydrofoils\' sebuah bilah seperti sayap di bawah lambung yang memotong air saat kapal melaju, menciptakan gaya angkat, mirip dengan aerofoil yang digunakan di pesawat terbang.

The Jet akan menjangkau 32 kaki, berat 6 ton dan mampu mengangkut hingga 12 penumpang ditambah pilot di atas perairan dengan kecepatan jelajah hingga 40 knot, atau 46 mil per jam.

Perancang Jet merupakan perusahaan rintisan THE JET ZeroEmission yang berbasis di Swiss. Mereka telah menandatangani perjanjian dengan Zenith Marine Services UEA untuk memproduksi kendaraan itu.

Dubai menjadi tuan rumah uji coba pertama kendaraan itu, pada November 2023, bertepatan dengan COP 28, Konferensi Perubahan Iklim PBB tahun depan.

Topik Menarik