Loading...
Loading…
SDM Berkualifikasi Sangat Dibutuhkan di 2025 Untuk Penggunaan Energi Terbarukan

SDM Berkualifikasi Sangat Dibutuhkan di 2025 Untuk Penggunaan Energi Terbarukan

Travel | koran-jakarta.com | Sabtu, 05 Februari 2022 - 09:10

Pemakaian energi terbarukan ditargetkan mencapai sekitar 25% dari keseluruhan ragam energi yang digunakan. Penggunaan energi terbarukan itu juga akan membutuhkan sumber daya manusia yang bisa mengoperasikannya.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Wikan Sakarinto menyebutkan, untuk memenuhi SDM di bidang pengelolaan energi terbarukan tersebut, pihaknya menggandeng kemitraan antara pendidikan tinggi vokasi dengan dunia industri.

Satu diantaranya Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) dengan PT Pembangkit Jawa Bali (PJB).

"Kerja sama ini merupakan salah satu program untuk memastikan integrasi antara pendidikan vokasi dan dunia kerja menjadi semakin erat," ujar Wikan.

"Erat yang dimaksud adalah keeratan dan sinkronisasi dalam mengembangkan program-program yang meningkatkan mutu dari lulusan pendidikan vokasi serta menciptakan hal-hal yang baru," tambahnya.

Keterangannya, pendidikan vokasi menjadi ujung tombak industri di Indonesia. Hal itu sesuai dengan proyeksi nawacita yang menjadi program pemerintah saat ini.

Sementara itu, Direktur Sumber Daya Manusia dan Administrasi PT PJB Karyawan Aji menyebutkan, kerja sama dengan PNUP selaku perguruan tinggi vokasi akan relevan dengan perkembangan energi terbarukan.

"Target PJB tahun 2025 adalah sekitar 25 persen menggunakan energi terbarukan. Sehingga, untuk kawasan Sulawesi kami membutuhkan spesifikasi tenaga desain, operator yang semuanya harus memiliki sertifikasi," kata Aji.

Original Source

Topik Menarik