Loading...
Loading…
UB Tech Bantu Petani Ciptakan Alat Bertenaga Surya Demi Tingkatkan Produktivitas

UB Tech Bantu Petani Ciptakan Alat Bertenaga Surya Demi Tingkatkan Produktivitas

Travel | koran-jakarta.com | Sabtu, 29 Januari 2022 - 16:30

Bawang merah merupakan bagian dari salah satu komoditas penting bagi masyarakat Indonesia. Karena tingginya permintaan kebutuhan di masyarakat terhadap bawang merah, petani beberapa daerah banyak yang membudidayakannya.

Untuk wilayah yang memiliki penghasilan bawang merah cukup besar di Indonesia seperti di Brebes, Garut, Demak, Malang dan Solok, Sumatera Barat.

Meski begitu, ada saatnya ketersediaan bawang merah dari dalam negeri tidak dapat memenuhi kebutuhan hingga harus mendatangkan bawang merah dari luar negeri. Catatan Badan Pusat Statistik di tahun 2020 merilis data bahwa impor bawang merah Indonesia mencapai USD 1,36 juta.

Akumulasi data tersebut mengalami peningkatan sebesar 148,9 persen dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebesar USD 545 ribu. Hal ini tentunya menimbulkan keresahan petani bawang akan harga yang beredar di pasaran.

Namun, terdapat salah satu permasalahan bawang merah yaitu terletak pada masa pertumbuhannya. Padahal pertumbuhan bawang menjadi nilai yang bisa membantu meningkatkan produktivitas.

Hal tersebut bisa diselesaikan oleh Universitas Brawijaya (UB) Tech yang membuat inovasi Growth Lamp tenaga surya mengklaim mampu meningkatkan produktivitas tanaman bawang merah. Dalam sistem kerjanya, alat ini akan memenuhi pencahayaan bawang merah pada malam hari.

Original Source

Topik Menarik