3 Rekomendasi Wisata di Medan yang Wajib Dikunjungi saat Imlek, Terkenal Instagramable!

3 Rekomendasi Wisata di Medan yang Wajib Dikunjungi saat Imlek, Terkenal Instagramable!

Travel | indozone.id | Jum'at, 28 Januari 2022 - 15:32
share

Tahun Baru Imlek tinggal menghitung hari. Jika kamu warga Medan atau sedang berkunjung di Medan, beberapa tempat berikut ini wajib kamu datangi di momen liburan Imlek.

Pasalnya tempat-tempat ini menyediakan paket wisata yang lengkap. Selain storyable (penuh sejarah), lokasinya juga sangat indah dan cocok untuk spot foto yang instagramable.

Penasaran seperti apa dan di mana lokasinya? Berikut ulasannya yang dirangkum Indozone dari Travelingmedan, Jumat (28/1/2022).

1. Vihara Gunung Timur

Vihara Gunung Timur (Instagram/suherilukman)
Vihara Gunung Timur (Instagram/suherilukman)

Vihara yang berada di Jalan Hang Tuah, Madras Hulu, Medan Polonia, Kota Medan Medan ini merupakan salah satu bangunan bersejarah dan yang paling tua di Kota Medan. Bangunannya sangat indah dan kental dengan arsitektur Tionghoa.

Seluruh bagian baguannya didominasi warna merah yang dipadukan dengan warna kuning emas. Setiap sudut vihara ini juga memiliki objek yang yang unik dan pas dijadikan spot foto.

Salah satunya patung ikan kepala naga yang terletak di bagian atap serta singa hitam dan putih yang ada di gerbang depan.

Kemudian ada juga deretan pilar penyangga atap vihara yang diukir dengan huruf China di permukaannya. Begitu juga terdapat banyak lentera berbentuk bulat yang menghiasi langit-langit.

Lalu tulisan aksara Tionghoa juga terlihat di setiap altar berisi patung dewa dan dewi dalam keyakinan masyarakat Tionghoa.

2.Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie (Instagram/id_idew)
Rumah Tjong A Fie (Instagram/id_idew)

Rumah Tjong A Fie yang berada di Jalan Ahmad Yani, Kesawan, Kota Medan merupakan salah satu wisata yang menyajikan konsep berbeda.

Objek wisata ini memberikan pengalaman liburan sekaligus belajar mengenai sejarah. Rumah Tjong A Fie sendiri merupakan rumah kuno yang cukup besar dengan arsitektur Mandarin di setiap sudut ruangan.

Rumah ini milik Tjong A Fie, yaitu seorang saudagar dari Negeri China yang hidup pada 1860-1921. Karena keunikan arsitektur dan nilai sejarahnya, rumah ini kemudian dinobatkan sebagai simbol keberagaman di kota Medan dan menjadi cagar budaya nasional.

Selain itu, meski sudah berusia lebih dari 100 tahun, pengelola masih merawat bangunan ini hingga bisa tetap kelihatan megah dan berdiri kokoh.

Semua ruang tertata rapi dan terawat. Tidak semuanya khas China, beberapa bagian dimunculkan dengan gaya arsitektur Melayu atau Eropa. Sangat pas untuk spot berfoto.

3. Kesawan Square

 Kota Medan (Instagram/hendraardiyantoo)
Kesawan Kota Medan (Instagram/hendraardiyantoo)

Kesawan Square merupakan salah satu kawasan pecinan di Medan. Jika kamu penggemar wisata kuliner maka kamu wajib datang ke tempat ini. Di sini kamu bisa menikmati beragam menu khas masyarakat Tionghoa, seperti mie, sate, bebek, kerang, biawak, ular, kodok, lontong sayur, nasi sayur, martabak, dan masih banyak lainnya.

Sedangkan untuk minuman ada bir, jus, sampai minuman khas Sumut yaitu soda cap Badak. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat beberapa bangunan dengan konsep oriental.
Jadi usai puas menikmati makanan, kamu bisa berfoto ria dan hasilnya bisa dipajang di feed Instagrammu.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik