Loading...
Loading…
Catat, 4 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol

Catat, 4 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol

Travel | inewsid | Jumat, 29 Mei 2020 - 21:36

JAKARTA, iNews.id - Momen Hari Raya Idul Fitri beberapa hari lalu, dipenuhi dengan makanan berlemak dan santan. Makanan ini tentunya dapat menyebabkan kolesterol meningkat.

Mulai dari opor ayam, rendang, sayur bersantan, hingga sambal goreng ati yang tinggi kalori dan lemak.

Mempunyai kadar kolesterol tinggi, terutama LDL jahat dapat memberikan dampak buruk pada tubuh, salah satunya adalah peningkatan risiko penyakit jantung.

Kolesterol HDL baik yang rendah dan trigliserida yang tinggi juga dikaitkan dengan peningkatan risiko sejumlah penyakit berbahaya. Pola makan Anda memiliki efek kuat pada kolesterol dan faktor risiko lain.

Berikut daftar makanan yang dapat menurunkan kolesterol Anda, seperti dirangkum dari Healthline , Jumat (29/5/2020).

Buah alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang padat nutrisi. Buah ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat yang menurunkan LDL atau kolesterol buruk dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Studi klinis, mendukung efek penurun kolesterol dari alpukat.

Ikan

Ikan berlemak, seperti salmon dan makarel, adalah sumber asam lemak omega-3 yang meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan risiko peradangan dan stroke. Cara paling sehat untuk memasak ikan adalah mengukus atau merebus. Sebab, ikan goreng justru dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Buah-buahan

Buah adalah tambahan yang bagus untuk diet jantung sehat. Banyak jenis buah kaya akan serat larut, yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Buah-buahan itu di antaranya apel, anggur, buah jeruk dan stroberi.

Tahu dan tempe

Makanan dari kedelai seperti tahu dan tempe bermanfaat bagi kesehatan jantung. Sebuah analisis dari 35 studi mengaitkan makanan dari kedelai dengan penurunan LDL atau kolesterol jahat, kolesterol keseluruhan, serta peningkatan HDL.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{