Kapal Cepat Tuo Chiang Usung Senjata Rudal Kebanggaan Taiwan

Kapal Cepat Tuo Chiang Usung Senjata Rudal Kebanggaan Taiwan

Travel | koran-jakarta.com | Sabtu, 15 Januari 2022 - 17:30
share

Dilaporkan Taiwan memamerkan kapal perang angkatan laut terbarunya yang bernama kapal Tuo Chiang. Kapal ini muncul di tengah-tengah terjadinya konflik hubungan Tiongkok dan Taiwan.

Diketahui, Kementerian Pertahanan Taiwan mengadakan latihan angkatan laut di lepas pantai Keelung yang berlokasi di timur laut Taiwan. Latihan angkatan laut tersebut merupakan langkah untuk memamerkan kapal Tuo Chiang. Hal ini juga merupakan bagian dari latihan untuk menunjukkan kesiapan tempur militer sekaligus mengirim pesan tak gentar hadapi Tiongkok.

Tuo Chiang dikembangkan di bawah program Hsun Hai, korvet kelas Tuo Chiang dengan menampilkan bentuk lambung yang menembus gelombang, dan desain penampang radar rendah.

Kapal ini merupakan produksi seri pertama yang dihadirkan dalam upacara pada tanggal 9 September di Pangkalan Angkatan Laut Suao yang juga dihadiri oleh Presiden Taiwan Tsai Ing-wen.

Kapal Korvet kelas Tuo Chiang merupakan kapal dalam kelas cepat yang dapat melaju hingga 45 knot atau sekitar 83 kilometer per jam. Diketahui, kapal korvet multi-misi ini dirancang dan dikembangkan di Taiwan untuk Angkatan Laut Republik Taiwan.

Kapal Tuo Chiang merupakan kapal katamaran penembus ombak dengan ukuran panjang 60,4 meter, lebar 14 meter, dan mampu membawa 41 awak. Kapal ini mempunyai kecepatan tertinggi empat puluh knot dan jangkauan jelajah dua ribu mil laut atau sekitar 3.700 kilometer.

Untuk diketahui, kapal-kapal baru ini dimaksudkan untuk dikerahkan pada misi keamanan maritim intensitas rendah yang saat ini dilakukan oleh kapal perusak dan fregat RoCN yang lebih besar dan lebih mahal. Kapal ini dikembangkan untuk memberikan solusi asimetris yang terjangkau terhadap pendaratan amfibi musuh dan kapal besar lainnya dalam kasus tersebut dari sebuah konflik.

Topik Menarik