Jaga Keamanan Saat Nataru, Ditpamobvit Polda Banten Patroli Tempat Wisata

Travel | bantennews.co.id | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 06:15
Jaga Keamanan Saat Nataru, Ditpamobvit Polda Banten Patroli Tempat Wisata

SERANG Dirpamobvit Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi memerintahkan personelnya untuk melakukan patroli ke destinasi wisata pantai dalam rangka antisipasi Kamtibmas saat Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru), Sabtu, (25/12/2021).

Kali ini dalam menyikapi hal tersebut, Dirpamobvit Polda Banten bentuk 5 (lima) Tim Patroli yang terdiri dari Tim Patroli di Pos Penyekatan Ganjil-Genap yang dipimpin oleh AKBP I Gede Subrata, Tim Patroli Carita 1 dipimpin oleh AKBP Samijo, Tim Patroli Carita 2 dipimpin oleh AKP Abdul Rosyid, Tim Patroli Anyer 1 dipimpin oleh Kompol Winarno dan Tim Patroli Anyer 2 dipimpin oleh AKBP Safrudin.

Dirpamobvit Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengatakan bahwa patroli ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat di tempat-tempat wisata, penyalahgunaan narkoba, pesta minuman keras, balap liar, hingga perusakan fasilitas umum.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dalam perayaan Natal dan Tahun Baru masyarakat seringkali bereuforia dalam menyambut hal tersebut, sehingga menjadikan peluang bagi para pelaku tindak kriminalitas. Mulai dari penyalahgunaan narkoba, pesta minuman keras, balap liar hingga perusakan fasilitas umum, bahkan seringkali ditemukan pesta seksual, ujar Edy dalam keterangannya.

Ia melanjutkan, bahwa personelnya diperintahkan untuk terus memberikan imbauan-imbauan kepada pihak pengelola tempat wisata dan masyarakat, baik imbauan protokol kesehatan dan imbauan keselamatan dalam berwisata.

Pada saat ini Covid-19 belum usai di Indonesia, bahkan ditemukan varian baru yang sudah masuk ke Indonesia yaitu Omicron. Patroli yang kami lakukan selain untuk mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas juga sebagai bentuk upaya kami dalam mencegah penyebaran Covid-19, katanya.

Koordinasipun dilakukan dengan pihak pengelola pantai agar ketat dalam menerapkan protokol kesehatan dan memerhatikan jumlah pengunjung pantai sesuai dengan peraturan pemerintah. Dan kepada masyarakat kami menekankan agar sangat berhati-hati dalam berwisata, jaga keselamatan diri sendiri dan orang lain, jelas Edy Sumardi.

AKP Abdul Rosyid selaku Ketua Tim Patroli Carita 2 menyampaikan bahwa saat ia dan tim melakukan patroli ke kawasan Pantai Carita situasi pantai masih terpantau sepi.

Ya hari ini saya dan tim melakukan patroli ke kawasan pantai Carita dan menemukan dibeberapa pantai terlihat masyarakat yang sedang liburan. Untuk situasi pantai dikawasan Carita masih tergolong sepi, tetapi tetap kami berikan imbauan kepada masyarakat yang sedang berlibur agar tetap waspada dan berhati-hati, karena sikon cuaca belakangan ini kerap hujan dan memungkinkan akan berpotensi bencana alam, kata Abdul Rosyid.

Terakhir Abdul Rosyid mengajak kepada masyarakat agar selalu memperhatikan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Jaga barang bawaan dan juga awasi anak-anak dengan sangat ketat.

Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Provinsi Banten agar selalu berhati-hati dalam berlibur, perhatikan keselamatan diri dan orang lain. Pastikan simpan barang bawaan berharga dengan baik dan awasi putra-putrinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Mari terapkan protokol kesehatan dimanapun dan dalam aktivitas apapun, tetap waspada karena keselamatan nomor 1, tutup Abdul Rosyid.

(Red)

Artikel Asli