Viral Kejadian Aneh Batu Candi Majapahit Muncul di Ladang Jagung, Ini Penampakannya

Travel | inewsid | Published at Jumat, 03 Desember 2021 - 23:50
Viral Kejadian Aneh Batu Candi Majapahit Muncul di Ladang Jagung, Ini Penampakannya

JAKARTA, iNews.id - Sudah berlalu berabad-abad yang lalu, hingga sekarang masih saja banyak ditemukan peninggalan dari Kerajaan Majapahit, antara lain bangunan bersejarah, candi, arca, petilasan, dan masih banyak lagi.

Belakangan ini, sedang viral penemuan bangunan candi bermunculan di tengah kebun jagung. Sayangnya, fisik candi tersebut sudah hancur.

Ya, batuan candi yang di temukan di tengah sawah tersebut berada di Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Lantas, seperti apa penampakan batuan candi peninggalan Kerajaan Majapahit tersebut? Berikut ulasannya dirangkum melalui Channel YouTube Kuno Brono, Jumat (3/12/2021).

Dalam video kanal YouTube-nya, Kuno Brono memperlihatkan salah satu peninggalan kerajaan Majapahit, berupa bangunan candi yang sudah hancur.

"Saya akan mereview batu bata kuno yang diperkirakan dulunya itu adalah candi besar," ujar Kuno Brono dalam videonya.

Batuan candi tersebut berada di tengah-tengah kebun jagung, membuat kondisi candi itu kini sudah hancur karena mesin traktor. Yang tersisa kini hanyalah potongan-potongan batu bata besar yang merupakan reruntuhan dari bangunan candi.

Ini banyak batu bata kuno yang sudah tercecer-cecer terpotong-potong seperti ini. Jadi ini peninggalan Kerajaan Majapahit," ujar Kuno Brono sambil memperlihatkan bebatuan yang ada di sekitar ladang.

Terlihat batu bata kuno tersebut memiliki ukuran yang besar dan tebal. Menurutnya, jika batu bata itu masih utuh, pasti sangat besar sekali.

Di tengah-tengah ladang juga ditemukan tumpukan bebatuan yang sudah menjadi tanah, dan diperkirakan terdapat bangunan candi di bawahnya. Tumpukan itu benar-benar berada di tengah ladang, dan berbentuk melingkar. Bahkan, beberapa batu bata masih tertata rapi.

Ini seandainya di ekskavasi, mungkin malah lebih jelas. Karena ini sepertinya sangat luas," kata dia.

Artikel Asli