Catat, Selandia Baru Siap Terima Turis Asing Mulai 30 April 2022

Travel | limapagi.id | Published at Kamis, 25 November 2021 - 11:50
Catat, Selandia Baru Siap Terima Turis Asing Mulai 30 April 2022

LIMAPAGI - Selama pandemi Covid-19 berlangsung, Selandia Baru menjadi salah satu negara yang menutup perbatasan wilayahnya paling ketat di dunia. Hal ini dibuktikan dengan lamanya masa penutupan perbatasan yakni sejak Maret 2020.

Tentu saja, hal ini dilakukan oleh Selandia Baru untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di negaranya.

Setelah lebih dari satu tahun ditutup, akhirnya Pemerintah Selandia Baru mengumumkan pelonggaran perbatasan untuk turis asing yang akan berkunjung ke negara tersebut.

Mengutip dari ChannelNewsAsia , Kamis, 25 November 2021, perbatasan Selandia Baru akan dibuka kembali mulai tahun depan, tepatnya 30 April 2022. Namun, pembukaan ini dilakukan untuk turis asing yang sudah divaksinasi dua kali.

Menteri Penanggulangan Covid-19 Selandia Baru, Chris Hipkins mengatakan pada konferensi pers bahwa pembukaan perbatasan untuk turis asing akan dilakukan secara bertahap.

"Pendekatan bertahap untuk berhubungan kembali dengan dunia adalah pendekatan teraman untuk memastikan risiko dikelola dengan hati-hati, ini mengurangi potensi dampak pada komunitas yang rentan dan sistem kesehatan Selandia Baru, tutur Chip Hipkins yang dikutip dari ChannelNewsAsia.

Dengan begitu turis asing yang berasal dari negara dengan bukan negara risiko tinggi" penyebaran Covid-19 diizinkan memasuki negara Selandia Baru dengan pembukaan perbatasan melalui tiga fase.

Pembukaan pertama ditujukan kepada warga Selandia Baru yang divaksinasi penuh dan pemegang visa tinggal di negara tetangga Australia. Mereka dapat melakukan perjalanan ke Selandia Baru mulai 16 Januari 2022.

Kemudian warga Selandia Baru yang telah divaksinasi dan pemegang visa tinggal sebagian besar dari negara lain akan diizinkan masuk mulai 13 Februari 2022. Hingga akhirnya turis asing yang telah menerima dua dosis vaksin diizinkan masuk mulai tanggal 30 April 2022.

Para turis asing yang datang ke Selandia Baru nantinya tidak lagi diharuskan untuk tinggal di fasilitas karantina negara, tetapi tetap harus melewati langkah-langkah lain yang akan diberlakukan, mulai dari tes negatif Covid saat keberangkatan, bukti vaksinasi dua dosis, dan tes negatif Covid pada saat kedatangan.

Artikel Asli