Loading...
Loading…
4 Takjil Lezat Khas Jajanan Pasar di Yogyakarta, Lezat dan Manis

4 Takjil Lezat Khas Jajanan Pasar di Yogyakarta, Lezat dan Manis

Travel | inewsid | Jumat, 15 Mei 2020 - 22:04

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak takjil lezat yang bisa dijadikan inspirasi untuk berbuka puasa. Kali ini, Anda bisa mencicipi takjil lezat khas Yogyakarta.

Banyak sekali pedagang yang menjual jajanan pasar khusus untuk takjil berbuka puasa. Anda bisa menemukannya di sepanjang jalan pasar yang ada di kota Yogyakarta.

Meski tampilannya sederhana, soal rasa tidak perlu diragukan. Selain cita rasanya yang manis dan cukup bisa mengganjal perut sebelum makan besar, harga jajanan pasar yang ditawarkan juga relatif murah.

Berikut jenis takjil yang banyak dijual di pasar Yogyakarta seperti dikutip dari Endeustv.

Kue lumpur

Tidak mengherankan jika kue lumpur menjadi salah satu jajanan yang paling banyak dijual sebagai takjil selama puasa Ramadhan. Warnanya yang kuning cerah dengan tekstur kenyalnya sangat menggugah selera. Apalagi biasanya kue lumpur juga diberikan topping kismis sebagai pemanis. Cocok dijadikan sebagai takjil untuk buka puasa. Jika ingin mengganti topping kue lumpur, itu sangat bisa. Ada resep kue lumpur cokelat almond yang bisa

Klepon

Untuk jenis jajanan pasar yang satu ini memiliki sensasi rasa yang unik. Saat menggigitnya, akan terasa manis dari gula merah yang pecah di mulut. Jajanan yang berbentuk bulat ini terbuat dari tepung ketan dan parutan kelapa, sehingga menghasilkan perpaduan rasa manis gurih serta teksturnya yang kenyal.

Lepet Jagung

Sesuai namanya, jajanan pasar yang satu ini terbuat dari bahan utama jagung parut, kelapa parut, ketan yang telah ditumbuk kasar, vanili, gula pasir, garam dan santan. Campurkan semua bahan hingga menjadi adonan, kemudian bungkus dengan menggunakan kulit pelepah jagung lalu kukus hingga matang. Dibalik cara membungkusnya yang unik, lepet jagung memiliki rasa manis, gurih dan legit yang menyatu sempurna dalam satu kali gigitan.

Carabikang

Carabikang bisa dipilih sebagai takjil untuk berbuka puasa. Untuk membuat carabikang, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan seperti tepung terigu, tepung beras, gula dan santan. Caranya, masukkan ke dalam cetakan khusus dan masak dengan api kecil. Tampilan warna-warni dari carabikang menjadikan kue ini terlihat sangat cantik.

Original Source

Topik Menarik