Dokter Tirta Sindir Tes PCR untuk Naik Pesawat: Prokes Ambyar Sama Saja

Travel | limapagi.id | Published at Sabtu, 23 Oktober 2021 - 18:25
Dokter Tirta Sindir Tes PCR untuk Naik Pesawat: Prokes Ambyar Sama Saja

LIMAPAGI - Bagi kamu yang ingin menggunakan alat transportasi udara (pesawat) kini pemerintah mewajibkan untuk melakukan test PCR bagi penerbangan Jawa-Bali.

Namun, keputusan tersebut ternyata menjadi polemik di media sosial salah satunya cuitan dari Dokter Tirta. Dari pantauan Limapagi ia mengatakan ada tenaga kesehatan yang juga tidak setuju terkait hal tersebut bahkan ada dasarnya.

"Gold Standar? Benar tapi untuk diagnosa dan swab antigen juga penting untuk apa? Screening, sama halnya cek antibodi serology penting juga, dan semua test penting asal tau tujuan penggunaannya," tulisnya di laman Twitter.

Namun, tak sedikit netizen yang menilai mengikuti saja apa yang dilakukan pemerintah terkait wajib tes PCR untuk penerbangan.

"Sejujurnya kesuksesan si dik sama protes-protes, kalu saya si yawis manue ae. Toh tujuanya baik," tulus @adutya C Janottama.

Menanggapi hal tersebut dokter Tirta menilai beberapa dokter tidak setuju, dikarenakan dasarnya swab PCR itu buat tracing dan diagnosa.

"Bukan syarat penerbangan, jalur darat aja nggak di test malah," tulisnya.

Menurut dokter Tirta harga PCR swab itu berbeda-beda , bahkan kalau situasi urgent di luar pulau Jawa harus kepulau Jawa kasihan kalau duitnya pas-pasan.

"Gini loh, swab PCR kan tujuannya tracing dan test, jadi misal ada 1 bergejala, 30 orang sekitar itu PCR untuk tracing. Nah untuk perjalanan jauh jika vaksin sudah 2 kali cukup screening memakai swab antigen. Tapi maksimalkan protokol kesehatan selama perjalanan untuk pencegahan penularan," tulisnya.

Bahkan menurutnya swab PCR itu sendiri tak mengurangi risiko penularan ketika prokes tidak dijalankan dengan baik selama penerbangan.

"Yo jelas tidak swab PCR negatif tapi prokes ambyar sama saja turun sakit, yang menurunkan risiko pemberatan adalah 2 dosis vaksin lengkap," ujarnya.

Artikel Asli