Loading...
Loading…
5 Resep Nasi Liwet Sunda Tanpa Santan, Lezat Bikin Kangen Masakan Kampung

5 Resep Nasi Liwet Sunda Tanpa Santan, Lezat Bikin Kangen Masakan Kampung

Travel | inewsid | Minggu, 03 Oktober 2021 - 09:26

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak resep nasi liwet Sunda tanpa santan yang bisa dibuat di rumah. Sudah menjadi hal umum jika nasi liwet memiliki rasa gurih dan lezat.

Karena Kelezatannya, tidak heran jika banyak orang suka menyajikan nasi liwet sebagai hidangan spesial. Kali, ini jika tertarik mencicipi, Anda bisa membuat resep nasi liwet Sunda tanpa santan. Rasanya tidak kalah lezat dengan yang memakai santan.

Untuk membuatnya, Anda harus menyiapkan berbagai rempah-rempah untuk dicampur ke dalam beras yang akan dimasak. Rempah yang berlimpah akan membuat aroma nasi liwet semakin menggugah selera.

Untuk membuat nasi liwet Sunda tidak terlalu sulit. Anda bisa memilih berbagai resep nasi liwet Sunda untuk dikreasikan. Lauk nasi liwet yang dipilih bisa disesuaikan selera. Anda bisa memilih ayam goreng, ikan asin, pete, tempe, tahu, dan lainnya.

Ingin tahu apa saja resep nasi liwet Sunda tanpa santan yang bisa dikreasikan di rumah? Berikut ulasannya dirangkum melalui berbagai Instagram pada, Minggu (3/10/2021).

1. Nasi Liwet Sunda

Resep nasi liwet Sunda tanpa santan berikut ini cocok untuk disajikan saat berkumpul bersama keluarga.

Baca Juga :
Resep Nasi Liwet Solo, Bikinnya Pakai Rice Cooker

Bahan:

3 cup beras Air secukupnya (sesuai ukuran beras) 50 gr cabai rawit setan 100 gr ikan asin / ikan cuek, goreng sebentar 5 siung bawang merah, iris 4 siung bawang putih, iris 1 bonggol lengkuas, iris lebar/digeprek 1 tangkai sereh, geprek 5 lembar daun salam 1 sdt kaldu bubuk 2 sdm minyak utk menumis Pelengkap (sesuai selera):

Teri medan goreng Sambal bawang Tahu tempe goreng Tahu, tempe & telur bacem Lalapan Cara Masak:

1. Cuci bersih beras hingga bersih, masukkan dalam panci rice cooker, tiriskan. Masak air sampai panas/mendidih. Takar air, masukkan ke dalam panci rice cooker. 2. Tumis bawang merah dan putih sampai harum. 3. Nyalakan rice cooker, masukkan tumisan bawang merah, bawang putih, lengkuas, sereh, daun salam, ikan asin, cabai rawit & kaldu bubuk ke dalam panci rice cooker. Masak nasi seperti biasa. 4. Saat tombol rice cooker berpindah posisi ke "warm", aduk nasi dengan spatula kayu. Nasi yang berada di bagian dasar rice cooker akan sedikit berwarna coklat. Tutup beberapa menit hingga nasi tanak. 5. Sajikan nasi liwet Sunda dengan alas daun pisang dan pelengkap sesuai selera.

Baca Juga :
22 Restoran Sunda di Bandung yang Enak, Cocok Buat Wisata Kuliner!

2. Nasi Liwet Teri

Resep nasi liwet Sunda tanpa santan yang bisa Anda buat bisa dikreasikan dengan ikan teri. Rasanya menggugah selera.

Bahan:

1 liter Beras 3 lembar daun salam 2 batang serai, geprek

Garam secukupnya:

1 batang daun bawang, iris 4 siung bawang merah, iris lalu tumis 1 sdm minyak goreng bekas tumisan bawang merah Air secukupnya

Toping (sesuai selera):

5 cabai rawit 1/2 ons teri nasi, goreng Bawang merah, tumis sebentar Petai

Cara masak:

1. Beras dicuci bersih lalu masukkan ke dalam panci/kastrol & beri air secukupnya. Masukkan salam, sereh, bawang merah, minyak goreng, daun bawang, dan garam. Aduk-aduk lalu masak dengan api sedang sampai air agak menyusut. 2. Setelah air agak menyusut, kecilkan api lalu taburi dengan toping (lapisi atasnya dengan daun pisang). Tutup dan masak dengan api kecil sampai matang.

3. Nasi Liwet Simpel

Resep nasi liwet Sunda tanpa santan yang satu ini sangat simpel. Anda bisa memasak dengan rice cooker.

Bahan: (Banyaknya bumbu disesuaikan dengan selera dan banyaknya beras dan air yg biasa dimasak seperti memasak nasi biasa) Bawang merah, iris/potong kasar Bawang putih, iris/potong kasar Sereh, geprek Daun salam Cabai berah Cabaj rawit Daun pandan, simpul Olive oil/minyak sayur 1sdm Garam Merica

Cara masak:

1. Bersihkan beras seperti biasa, masukkan semua bahan/bumbu. 2. Tuang air, masak sampai matang. 3. Setelah nasi matang, beri pelengkap ikan asin yang sudah digoreng. Sajikan.

4. Nasi Liwet Bunga Telang

Resep nasi liwet Sunda tanpa santan berikutnya bisa dikreasikan dengan bunga telang. Selain enak, warnanya juga cantik.

Bahan air bunga telang:

10 gr bunga telang cuci bersih 200 ml air panas Rendam bunga telang selama 5 menit saring dan sisihkan

Bahan nasi:

500 gr beras cuci bersih 8 siung bawang merah iris 3 bawang putih iris 450 ml air 1/2 sdm garam 1/2 sdm kaldu jamur 1 sdm kaldu ayam bubuk Minyak untuk menumis

Rempah kering:

3 lembar daun salam kering 8 Lembar daun jeruk kering 2 batang serai kering 5 slice lengkuas kering Cuci bersih, sisihkan

Bahan pelengkap:

Cabai rawit tumis sebentar dengan pete Ikan teri Medan goreng garing Ayam goreng lengkuas Tahu dan tempe goreng Sambal terasi Sayur asem

Baca Juga :
Warga Solo Tiba-tiba Berebut 1.000 Nasi Liwet, Buat Apa?

Cara membuat:

1. Panaskan minyak tumis duo bawang sampai kecoklatan. 2. Masukkan rempah kering aduk rata tumis sampai wangi. 3. Masukkan beras aduk rata. Tambahkan air bunga telang dan air matang, aduk. 4. Masukkan bumbu masak hingga air menyusut. 5. Pindahkan ke dandang dan kukus selama 25 menit atau sampai matang. 6. Sajikan nasi liwet dengan bahan pelengkap.

5. Nasi Liwet Kampung

Resep nasi liwet Sunda tanpa santan ini akan membuat Anda kangen masakan kampung.

Bahan:

2 ons teri Medan / Lampung 4 ikan asin jambal roti 1 liter beras 2 papan pete 13 bawang merah, iris 9 bawang putih, iris 7 cabai rawit, iris 2 cabai merah besar 3 batang sereh, geprak 1 batang sereh, iris halus 6 lembar daun salam Garam, kaldu bubuk jamur / sapi / ayam Minyak goreng

Cara Membuat:

1. Cuci dan potong ikan asin sesuai selera lalu goreng & tiriskan (masak ikan asin jangan terlalu kering biar tidak keras nanti saat dimakan). 2. Tumis semua bumbu yang ada, hingga harum dengan api sedang dan sedikit minyak. 3. Masak (aron) nasi seperti biasa. Setelah air nasi mendidih, masukkan semua bahan-bahan yang ada, lalu aduk perlahan. Jangan terlalu over mengaduk, nanti nasi menjadi lembek. 4. Matikan kompor lalu pindahkan nasi aron ke dalam dandang yang telah panas dan tutup dialasi serbet sambil sesekali diaduk rata. Kukus kembali nasi pada dandang selama 30 menit atau hingga matang.

Original Source

Topik Menarik