Mau Liburan ke Taman Nasional Alas Purwo? Cek Syarat Terbaru untuk Wisatawan

limapagi.id | Travel | Published at 15/09/2021 08:10
Mau Liburan ke Taman Nasional Alas Purwo? Cek Syarat Terbaru untuk Wisatawan

LIMAPAGI - Taman Nasional Alas Purwo adalah taman nasional yang terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Letak taman nasional ini ada di paling timur dari Pulau Jawa.

Melihat posisinya, taman nasional yang memiliki luas sebesar 43.320 hektare tersebut, sudah berada di PPKM Level 2. Sebab itu, TN Alas Purwo sudah dibuka kembali untuk wisatawan. Pembukaan ini dilakukan pada Senin, 13 September 2021.

Pembukaan kembali kawasan wisata TN Alas Purwo mengacu pada Surat Edaran Balai TN Alas Purwo yang ditandatangani oleh Kepala Balai yakni Nuryadi, S., Hut.,M.P.

Dalam surat tersebut, pembukaan kunjungan wisata ke kawasan TN Alas Purwo dilakukan dengan memperhatikan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Atas pembukaan tersebut, TN Alas Purwo memberikan sejumlah persyaratan yang wajib diperhatikan oleh para wisatawan. Melansir dari akun instagram @btn_alaspurwo, Rabu, 15 September 2021, inilah syarat terbaru untuk wisatawan yang ingin mengunjungi TN Alas Purwo di masa PPKM.

Pertama, wisatawan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi ini sekaligus digunakan untuk menujukkan bukti telah divaksin Covid-19 minimal dosis pertama.

Kedua, ada pembatasan jumlah pengunjung maksimal 25 persen. Ketiga, wisatawan wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Keempat, untuk wisata gua masih ditutup sementara. Dan terakhir, dilarang memberi makan satwa.

Jika ingin berkunjung, jam operasional TN Alas Purwo masih sama dengan sebelum penutupan akibat PPKM Jawa-Bali, yaitu setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB

Artikel Asli