Ini Tahapan Evaluasi Uji Coba Pembukaan 20 Objek Wisata dari Kemenparekraf

limapagi.id | Travel | Published at 14/09/2021 13:10
Ini Tahapan Evaluasi Uji Coba Pembukaan 20 Objek Wisata dari Kemenparekraf

LIMAPAGI - Penurunan level PPKM seakan menjadi angin segar bagi para pelaku pariwisata di Indonesia. Pasalnya, ini menandakan beberapa tempat wisata sudah diizinkan buka kembali oleh pemerintah.

Di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sendiri, ada 20 tempat wisata yang akan melakukan uji coba pembukaan.

Dalam Weekly Press Briefing yang dilakukan kemarin, Senin, 13 September 2021, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memaparkan proses tahapan evaluasi uji coba pembukaan 20 destinasi wisata, yang akan dilakukan secara gradual atau bertahap dengan tetap memperhatikan aspek kesehatan kepada pengunjung sekaligus pekerja dan pengelola usaha di tempat wisata.

Kemenparekraf telah menggelar rapat koordinasi bersama pihak-pihak terkait seperti Kemenkomarves, kementerian Kesehatan, industri, serta pemerintah daerah.

Hasil dari rapat tersebut memutuskan empat tahapan evaluasi uji coba pembukaan 20 tempat wisata di Tanah Air.

Uji coba ini akan terus dievaluasi setiap minggu. Pengelola sektor parekraf yang terdaftar atau memperoleh QR code PeduliLindungi saat ini berjumlah 2.264 penerima. Penerima ini terdiri dari usaha Bar, Cafe, Hotel, Restoran, Resto cepat saji, dan destinasi wisata yang berlokasi di DKI Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya, kata Sandiaga Salahuddin Uno.

Saat ini, uji coba masih dilakukan di sektor tertentu, namun ke depan, karena aplikasi PeduliLindungi telah ditetapkan sebagai gold standard . Menparekraf juga berharap penggunaannya akan diperluas termasuk ke desa wisata.

Artikel Asli