Bumbu Rendang Daging Khas Minang, Lezat dan Bikin Ketagihan

inewsid | Travel | Published at 13/09/2021 10:06
Bumbu Rendang Daging Khas Minang, Lezat dan Bikin Ketagihan

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak bumbu rendang daging yang bisa diolah menjadi masakan lezat sehari-hari. Agar rasanya semakin khas dan lezat, bumbu rendang daging diolah dengan rempah dan bumbu berkualitas.

Tidak terlalu sulit untuk membuat bumbu rendang daging. Anda bisa mendapatkan cita rasa yang autentik karena diolah dengan menggunakan resep khas Minang. Seperti kita tahu, rendang daging merupakan hidangan asli Indonesia yang berasal dari Minangkabau.

Makanan ini dihasilkan dari proses memasak dengan suhu rendah dan dalam waktu lama. Bahkan, ada yang dimasak hingga delapan jam.

Agar tampilan rendang daging terlihat menarik, bumbu dan rempah yang digunakan harus yang berkualitas. Rempah dan bumbu yang berkualitas akan menghasilkan rasa rendang yang lezat dan warnanya menggugah selera.

Bumbu rendang daging juga cukup bervariasi, sehingga menghasilkan cita rasa yang kaya. Aneka rempah yang digunakan di antaranya cabai (lado), serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah dan masih banyak lagi.

Lantas, apa saja bumbu rendang daging? Berikut ragam bumbu rendang daging seperti dirangkum pada Senin (13/9/2021).

Daging rendang

Bahan utama untuk memasak rendang daging tentunya saja daging. Biasanya yang dimasak untuk rendang adalah daging sapi. Untuk bagiannya, yang terbaik adalah topside, atau bagian terluar paha sapi belakang. Sebab, bagian itu tidak mudah hancur dan teksturnya cocok untuk diolah sebagai rendang.

Santan kelapa

Bumbu rendang daging yang paling penting yaitu santan kelapa. Anda bisa menggunakan tiga butir kelapa dan mengambil air santannya. Atau, Anda juga bisa menggunakan santan instan. Namun, yang terbaik adalah menggunakan santan alami.

Bawang merah dan bawang putih

Bumbu rendang daging berikutnya adalah bawang merah dan bawang putih. Tentu saja ini diperlukan untuk membuat masakan, termasuk rendang. Bawang merah dan bawang putih memberikan cita rasa gurih dan sedap untuk rendang Anda.

Cabai merah

Rendang daging umumnya bercita rasa pedas. Warna rendang daging juga cenderung merah. Nah, rasa pedas dan warna rendang inilah yang berasal dari cabai merah. Takaran cabai merah ini bisa disesuaikan selera, apakah ingin yang tidak pedas, agak pedas, pedas, atau sangat pedas.

Rempah-rempah

Bumbu rendang daging tidak akan lengkap tanpa aneka rempah-rempah seperti lengkuas, kemiri, dan cengkeh. Rempah ini menghasilkan cita rasa rendang yang khas. Anda juga bisa menambahkan kapulaga, kayu manis, pala, hingga asam kandis.

Nah, berikut ini merupakan resep rendang daging yang bisa Anda coba di rumah:

Rendang daging sapi asli

Bahan-bahan:

* 1 kg daging sapi
* 1 kg santan murni
* 1 1/2 ons bawang merah
* 7 siung bawang Putih
* 1 ons cabai merah padang
* 7 cabai rawit (sesuai selera)
* 1 ruas jahe
* 1 ruas kunyit
* 1 ruas lengkuas, digeprek
* 1 biji pala
* 2 batang serai, digeprek
* 6 lembar daun salam
* 6 lembar daun jeruk
* 1 lembar daun kunyit
* 1 sdm ketumbar bubuk

Cara membuat:

1. Pertama, potong-potong daging sesuai selera. Kemudian cuci hingga bersih.
2. Setelah itu, haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, jahe, kunyit, dan buah pala.
3. Kemudian, tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, daun kunyit, sereh, dan lengkuas dengan minyak goreng secukupnya. Tambahkan ketumbar bubuk. Tumis hingga wangi.
4. Lalu setelah itu, masukkan daging dan aduk rata dengan bumbu. Tuang santan murni sedikit demi sedikit. Masak dengan api kecil.
5. Jika bumbu sudah meresap dan daging telah empuk, angkat lalu sajikan.

Artikel Asli