2 Destinasi Kota Batu Dipilih Pusat untuk Ujicoba Pembukaan Wisata

jatimtimes.com | Travel | Published at 09/09/2021 13:54
2 Destinasi Kota Batu Dipilih Pusat untuk Ujicoba Pembukaan Wisata

JATIMTIMES - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) bakal menjalankan ujicoba penerapan protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk 20 tempat wisata di kabupaten/kota PPKM level 3 di Pulau Jawa. Di Jawa Timur, tercatat hanya empat tempat wisata yang terpilih, dan dua di antaranya ada di Kota Batu.

Empat tempat wisata yang terpilih di Jawa Timur adalah Taman Rekreasi Selecta, Jatim Park 2, Hawai Group, serta Maharani Zoo dan Gua. Dua di antaranya yang merupakan wisata di wilayah Kota Batu yaitu Taman Rekreasi Selecta, dan Jatim Park 2.

Hal tersebut sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, 3, dan 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Direktur Taman Rekreasi Selecta Sujud Hariadi mengatakan, Kota Batu mendapatkan dua tempat wisata untuk ujicoba operasional. Tentunya itu menjadi hal yang menggembirakan, meskipun belum bisa semuanya pariwisata di Kota Batu bisa buka.

Tetapi seperti permainan atau wisata air belum diizinkan dulu. Karena untuk wisata air pengunjung cenderung membuka masker, ucapnya.

Kemudian bagi anak yang usianya kurang dari 12 tahun dilarang untuk memasuki tempat wisata yang dilakukan uji coba ini. Padahal kebanyakan wisatawan yang datang ke sini (Selecta) merupakan kategori keluarga, tambah Sujud.

Karena hal tersebut juga cukup dirasa berat. Meski begitu, dengan dipilihnya tempat wisatanya untuk dibuka, tentu membawa angin segar bagi warga yang bekerja di sana, sekaligus bisa memulihkan perekonomian.

Hanya saja, tempat wisata yang terpilih harus memenuhi sejumlah persyaratan. Yakni memenuhi protokol kesehatan dengan CHSE yang mencakup cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan) dan environment (ramah lingkungan).

Untungnya, beberapa saat lalu Taman Rekreasi Selecta sudah mengantongi sertifikat CHSE, sehingga tidak menjadi masalah. Saat ini pihaknya juga sedang mempersiapkan aplikasi PeduliLindungi.

Karena kapan akan dibuka, kami masih belum tahu kapan dimulai uji cobanya, juga untuk secara teknis pelaksanaan bagaimana masih akan ada pengarahan, tambah jelas pria yang juga Ketua PHRI Kota Batu ini.

Kami juga sedang menunggu email dari Kemenparekraf untuk id dan password QR Code Selecta, imbuhnya.

Sebagai informasi, berikut 20 tempat wisata yang dibuka saat PPKM di Pulau Jawa:

1. DKI Jakarta: Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah.

2. Jawa Barat: Taman Safari Indonesia, Taman Bunga Nusantara, The Lodge Maribaya, Glamping Lake Rancabali, Kawah Putih, Jbound, dan Saung Mang Udjo.

3. Jawa Tengah: Grand Maerakaca Taman Mini, TWC Borobudur, TWC Prambanan, dan Taman Satwa Taru Jurug.

4. Yogyakarta: TWC Ratu Boko, Taman Pintar, dan Watu Lumbung Culture Resort.

5. Jawa Timur: Taman Rekreasi Selecta, Jatim Park 2, Hawai Group, serta Maharani Zoo dan Gua.

Artikel Asli