Cara Membuat Tumis Pare Pedas, Tidak Pahit dan Sehat untuk Kontrol Gula Darah

inewsid | Travel | Published at 09/09/2021 11:33
Cara Membuat Tumis Pare Pedas, Tidak Pahit dan Sehat untuk Kontrol Gula Darah

JAKARTA, iNews.id - Pare merupakan salah satu sayuran yang terkenal memiliki rasa pahit. Namun, bagi sebagian orang, sayuran berwarna hijau dengan bentuk yang panjang ini sangatlah lezat.

Apalagi jika pare dimasak dengan cara ditumis. Kemudian, ditambahkan berbagai bumbu dapur, ikan teri dan cabai. Rasanya makin menggugah selera.

Untuk memasak pare agar tidak pahit juga ada caranya. Salah satunya Anda bisa menggunakan bumbu yang berlimpah dan merendam pare dengan air garam selama 10-15 menit.

Sebelum memasak pare, ada baiknya Anda mengetahui manfaat kesehatan sayuran ini. Salah satunya dapat mengontrol gula darah.

Nutrisi yang terkandung dalam pare menjadi bahan makanan ini kaya akan khasiat. Pare memiliki kandungan magnesium yang berfungsi untuk memaksimalkan kerja hormon insulin. Dikutip dari World Journal of Diabetes, kondisi diabetes tipe 2 sering dikaitkan dengan kekurangan magnesium dalam tubuh.

Magnesium yang diperoleh melalui pare dapat memaksimalkan insulin yang bertugas mengatur kadar gula darah. Dengan demikian, pare bisa dijadikan sebagai pilihan makanan untuk membantu menurunkan gula darah.

Kali ini jika ingin mencicipi tumis pare pedas, Anda bisa membuat di rumah. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat tumis pare pedas? Berikut ulasannya dirangkum melalui Instagram @ matthewmaureen , Kamis (9/9/2021).

Bahan:

1/2 pare ukuran besar potong sesuai selera
2 cm lengkuas digeprek
50 gr teri asin goreng
7 cabai rawit merah sesuai selera
5 siung bawang merah tumbuk kasar
1 siung bawang putih tumbuk kasar
1/2 sdt gula pasir
Garam, kaldu jamur, air secukupnya

Cara Membuat:

1. Siapkan wadah, masukkan potongan pare beri 3 sdm garam diamkan 15 menit lalu aduk-aduk diamkan lagi selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih, tiriskan.
2. Tumis duo bawang sampai harum masukkan cabai, lengkuas aduk rata, tuang air secukupnya tambahkan garam, kaldu jamur, gula aduk rata biarkan mendidih.
3. Masukkan pare lalu aduk-aduk hingga tercampur rata dan bumbu meresap, masukkan teri goreng aduk-aduk sebentar sampai tercampur rata. Koreksi rasa.
4. Angkat jika sudah cukup matang, siap disajikan.

Artikel Asli