Ide Kulineran di Yogyakarta, Singgah ke Jalan Godean Ada Babat Gongso Enak

Travel | inewsid | Published at Rabu, 01 September 2021 - 14:55
Ide Kulineran di Yogyakarta, Singgah ke Jalan Godean Ada Babat Gongso Enak

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke Daerah Istimewa Yogyakarta belum lengkap tanpa melakukan wisata kuliner. Selain ada gudeg, di sini juga terdapat makanan lezat babat gongso.

Babat Gongso merupakan salah satu kuliner asli Nusantara yang berasal dari Semarang. Karena memiliki rasa yang lezat, kini kepopulerannya sudah tersebar di berbagai daerah, termasuk juga Yogyakarta.

Buat warga Yogyakarta atau bagi yang ingin berkunjung ke kota tersebut, ada beberapa tempat di mana kamu bisa mencicipi lezatnya olahan kuliner yang terbuat dari jeroan sapi. Salah satunya adalah yang terletak di Jalan Godean, KM 5 Yogyakarta.

Makanan yang terbuat dari olahan sapi biasanya cenderung memiliki harga yang mahal, namun tidak untuk tempat ini. Di restoran bernama The Sabdo, pengunjung bisa mencicipi lezatnya babat gongso dengan harga mulai dari Rp15.000 saja!

Buat yang tidak suka atau tidak cocok dengan menu jeroan, kamu bisa mencicipi olahan gongso yang terbuat dari Ayam Telur.

Selain menawarkan kelezatan olahan menu babat gongso dengan bumbunya yang khas dan super lezat, di sana Anda juga akan dimanjakan dengan konsep outdoor. Tempat makan outdoor ini terasa sejuk dan areanya luas. Cocok untuk dijadikan wishlist kamu saat berada di Yogyakarta.

 

Resep Babat Gongso

Buat yang masih takut untuk bepergian atau sekadar makan di luar, tak perlu khawatir, Anda juga bisa mencicipi lezatnya Babat Gongso walau hanya di rumah saja!

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Babat Gongso adalah salah satu resep khas kebanggaan Semarang. Masyarakat kota yang terkenal dengan destinasi wisata Lawang Sewunya itu menciptakan babat, organ dalam sapi yang diolah dengan cara gongso atau yang dalam Bahasa Indonesia berarti tumis.

Karena babat termasuk dalam jeroan, cara memasaknya tidak bisa sembarang seperti memasak daging. Lalu seperti apa cara dan resep mengolahnya? Langsung saja simak ulasannya dirangkum pada Rabu (1/9/2021).

Bahan:

500 gram babat sapi, bersihkan
5 butir bawang merah, iris kasar
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 batang serai, memarkan
3 sdm kecap manis
1sdt garam
1/2 sdt gula pasir
300ml air
5 sdm minyak, untuk menumis
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri, sangrai
3 cabai merah
3 cabai merah keriting
2 cabai rawit merah
1 cm kunyit, bakar

Selanjutnya bahan-bahan tersebut diolah dengan cara berikut ini:

1. Rebus babat sapi bersama 2 lembar daun salam, 2 cm lengkuas, dan 2 cm jahe dalam 1 liter air sampai hingga matang. Angkat, Potong-potong.
2. Panaskan minyak. Tumis bawang merah, daun salam, lengkuas, serai, dan bumbu halus hingga harum.
3. Masukkan babat. Aduk rata.
4. Tambahkan kecap manis, garam dan gula pasir. Aduk rata. Tuangkan air, didihkan.
5. Kecilkan api, lanjutkan memasak hingga bumbu meresap dan air mengering. Angkat. Babat Gongso pun siap disajikan!

Itulah resep untuk membuat olahan Babat Gongso yang lezat. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba di rumah!

Artikel Asli