Loading...
Loading…
Deepmind Menciptakan Peta Transformatif Protein Manusia Oleh Kecerdasan Buatan

Deepmind Menciptakan Peta Transformatif Protein Manusia Oleh Kecerdasan Buatan

Travel | koran-jakarta.com | Sabtu, 28 Agustus 2021 - 05:30

Lab penelitian AI DeepMind telah membuat peta protein manusia paling komprehensif hingga saat ini menggunakan kecerdasan buatan.

Protein adalah molekul panjang dan kompleks yang melakukan banyak tugas di dalam tubuh, mulai dari membangun jaringan hingga melawan penyakit.

Tujuan mereka ditentukan oleh strukturnya, yang terlipat seperti origami menjadi bentuk yang kompleks dan tidak beraturan.

Memahami bagaimana lipatan protein membantu menjelaskan fungsinya, yang pada gilirannya membantu para ilmuwan dengan berbagai tugas mulai dari melakukan penelitian mendasar tentang cara kerja tubuh, hingga merancang obat-obatan dan perawatan baru.

Sebelumnya, menentukan struktur protein bergantung pada eksperimen yang mahal dan memakan waktu. Tetapi tahun lalu DeepMind menunjukkan bahwa ia dapat menghasilkan prediksi akurat dari struktur protein menggunakan perangkat lunak AI yang disebut AlphaFold.

Kini, perusahaan tersebut merilis ratusan ribu prediksi yang dibuat oleh program tersebut kepada publik.

"Saya melihat ini sebagai puncak dari keseluruhan 10 tahun lebih masa hidup DeepMind," CEO perusahaan dan salah satu pendiri Demis Hassabis mengatakan kepada The Verge .

"Sejak awal, inilah yang ingin kami lakukan: membuat terobosan dalam AI, mengujinya pada game seperti Go dan Atari, serta menerapkannya pada masalah dunia nyata, untuk melihat apakah kami dapat mempercepat terobosan ilmiah dan menggunakan mereka yang bermanfaat bagi umat manusia." lanjutnya

Saat ini ada sekitar 180.000 struktur protein yang tersedia di domain publik, masing-masing diproduksi dengan metode eksperimental dan dapat diakses melalui Protein Data Bank.

DeepMind merilis prediksi untuk struktur sekitar 350.000 protein di 20 organisme berbeda, termasuk hewan seperti tikus dan lalat buah, dan bakteri seperti E. coli.

Paling penting rilis tersebut mencakup prediksi untuk 98 persen dari semua protein manusia, sekitar 20.000 protein berbeda.

Struktur, yang secara kolektif dikenal sebagai proteom manusia. Ini bukan kumpulan data publik pertama dari protein manusia, tetapi ini adalah yang paling komprehensif dan akurat.

Jika mereka mau, para ilmuwan dapat mengunduh seluruh proteom manusia untuk mereka sendiri, kata pemimpin teknis AlphaFold John Jumper.

"Ada HumanProteome.zip yang efektif, saya pikir ukurannya sekitar 50 gigabyte," kata Jumper kepada The Verge .

Original Source

Topik Menarik

{