Loading...
Loading…
Resep Sambal Tumpang Tempe

Resep Sambal Tumpang Tempe

Travel | inewsid | Jumat, 20 Agustus 2021 - 09:53

JAKARTA, iNews.id - Resep sambal tumpang tempe semangit sebetulnya cukup sederhana untuk dimasak. Bagi Anda yang belum tahu, sambal tumpang merupakan hidangan khas Jawa yang disajikan bersama nasi tumpang.

Nah, nasi tumpang adalah kuliner khas Kediri. Sajian ini terdiri dari nasi yang diberi kuah sambal tumpang. Nasi tumpang juga disajikan bersama aneka sayur rebus dan kadang-kadang dilengkapi dengan rempeyek.

Resep sambal tumpang tempe semangit ini tak terlalu sulit dibuat. Anda hanya membutuhkan bahan baku berupa tempe semangit. Apa itu tempe semangit?

Jika Anda belum tahu, tempe semangit merupakan tempe yang telah melewati masa fermentasi ideal yaitu lebih dari 48 jam atau dua hari. Tempe semangit ini umumnya memiliki ciri-ciri seperti warna yang agak kecokelatan, tekstur yang lebih lembek dari tempe biasanya, dan mempunyai aroma khas yang agak menyengat.

Selain tempe semangit, resep sambal tumpang tempe semangit juga membutuhkan bahan-bahan lainnya. Di antaranya saja bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, kemiri, kencur, daun jeruk purut, daun salam, laos, santan, tepung beras.

Resep sambal tumpang tempe ini biasanya juga dimasak bersama ayam atau bisa juga diolah dengan rambak atau kulit sapi.

Baca Juga :
Resep Sambal Terong ala Chef Devina Hermawan, Cukup Pakai 3 Bahan Ini!

Namun, sebelum masuk ke resep sambal tumpang tempe semangit, Anda perlu tahu cara membuat atau mempersiapkan tempe semangit. Caranya membuat tempe semangit yakni menyimpan tempe dalam suhu ruangan selama dua hari atau lebih, tergantung selera.

Perlu diperhatikan juga kondisi tempe sebelum diunggah menjadi sambal tumpang. Kondisi tempe semangit seharusnya tidak berair dan tidak memiliki aromanya yang sangat menyengat, sehingga masih aman dikonsumsi.

Setelah tempe semangit sudah siap, Anda baru bisa mempersiapkan bumbu-bumbu lain untuk mencoba resep sambal tumpang tempe ini. Lantas seperti apa sih resep sambal tumpang tempe semangit ini? Berikut langkah-langkahnya, dirangkum pada Jumat (20/8/2021).

1. Sambal tumpang pakai rambak

Bahan-bahan:

* 3/4 papan tempe semangit * 1 bungkus rambak/krecek * 50 ml santan kental * 1 lt air

Bumbu halus:

* 25 cabai * 8 lembar daun jeruk * 5 butir kemiri * 5 siung bawang merah * 3 siung bawang putih * 3 ruas kencur

Bumbu lain:

Baca Juga :
Resep Sambal Oncom Kemangi, Pedasnya Manjain Lidah

* 2 lembar daun salam * 1 ruas lengkuas * 1,5 sdm garam * 2 sdm gula pasir * 1,5 sdt kaldu bubuk * 1,3 sdt micin (opsional)

Cara membuat:

1. Pertama, haluskan bumbunya. Kemudian penyet-penyet tempe. 2. Lalu tumis bumbu halus bersama daun salam dan lengkuas hingga wangi dan matang. Masukkan tempe dan tahu. Aduk rata. 3. Tuang air, masukkan rambak. Bubuhkan garam, kaldu bubuk dan gula pasir. Masak hingga mendidih dan meresap bumbunya. 4. Tuang santan. Kecilkan api. Masak sampai matang dan sesekali diaduk. Koreksi rasa. 5. Jika sudah pas, angkat dan sajikan.

Selamat mencoba!

2. Sambal tumpang tetelan

Bahan-bahan:

* 1 papan tempe semangit * Daging/tetelan * 2 cabai merah besar * 15 cabai rawit * 2 siung bawang putih * 5 siung bawang merah * 3 lembar daun jeruk * 1 lembar daun salam * 1 cm laos * 1 buah santan kara * 1 bungkus kaldu bubuk sapi * 1/2 sdt garam * 1 sdt gula * Air

Cara membuat:

1. Pertama, cuci bersih tempe, cabai besar, kecil, daun jeruk, daun salam, dan laos. 2. Didihkan air, kemudian rebus tempe, cabai besar, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, daun salam, dan laos hingga empuk. 3. Angkat tempe beserta bahan yang sudah direbus, kecuali daun jeruk, daun salam dan laos kemudian haluskan. 4. Masukkan tempe dan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam air rebusan tadi, masak hingga mendidih. 5. Masukkan daging atau tetelan, kaldu bubuk, garam, gula dan santan yang sudah di campur dengan segelas air. Masak hingga mendidih. 6. Koreksi rasa. Jika sudah pas, angkat dan sajikan.

Original Source

Topik Menarik