Tempat Wisata Ditutup, Kebutuhan Makan Satwa di Batu Secret Zoo Capai Setengah Miliar

jatimtimes.com | Travel | Published at 22/07/2021 17:51
Tempat Wisata Ditutup, Kebutuhan Makan Satwa di Batu Secret Zoo Capai Setengah Miliar

BATUTIMES - Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat berlangsung pada 21-25 Juli 2021. Dengan demikia, penutupan sementara tempat wisata masih harus dilakukan.

Lalu bagaimana kondisi satwa-satwa di Jawa Timur Park Group? Saat ini Batu Secret Zoo sangat sepi karena penutupan tempat wisata. Sebelumnya, meski pandemi, masih cukup ramai wisatawan yang datang.

Meski ditutup, pihak Batu Secret Zoo harus tetap memperhatikan kesehatan masing-masing satwa yang ada di sana. Walau tidak ada pemasukan, Batu Secret Zoo harus tetap menggelontorkan ratusan juta untuk memenuhi kesehatan dan gizi ribuan satwa di sana. Kurang lebih di Batu Secret Zoo terdapat 1.200 satwa yang harus dirawat maupun diberi makan.

Selama PPKM Darurat, tempat wisata ditutup. Kami tetap memastikan kondisi satwa terpantau dan terpenuhi gizinya, ungkap Guest Relation Officer Jatim Park 2 Edo Mayranda Hardi Pratama.

Akibat penutupan sementara tempat wisata tersebut, mau tidak mau harus dilakukan substitusi pakan. Hal tersebut merupakan jalan terbaik yang dipilih untuk memenuhi kebutuhan nutrisi satwa.

Ada beberapa yang memang kami lakukan substitusi pakan. Tetapi tetap memiliki kandungan yang hampir sama dan dari segi harga masih terjangkau, imbuhnya, Kamis (22/7/2021).

Edo mencontohkan, pada binatang herbivora, jika biasanya yang dikonsumsi merupakan buah apel dengan harga yang cukup mahal, saat ini diganti apel yang harganya murah. Kemudian orangutan yang biasanya mengonsumsi pisang diganti buah musiman.

Buah musiman yang kami berikan seperti buah melon, sawo, rambutan karena harganya lebih terjangkau. Ini yang kami lakukan saat kondisi pandemi covid-19, ucap Edo.

Dengan jumlah tersebut, kebutuhan yang harus dikeluarkan untuk satwa mencapai Rp 500 juta setiap bulan. Di tengah pandemi seperti ini, nilai segitu cukup besar, ujarnya.

Sebelumnya beberapa tenaga kesehatan Batu Secret Zoo sempat terkendala saat harus masuk ke Kota Batu. Sebab, ada pemyekatan di perbatasan. Dalam penyekatan itu, dokter hewan yang bukan berasal dari Kota Batu kena imbasnya.

Tetapi masalah itu kini sudah teratasi. Sudah dibuatkan surat tugas dan tembusan ke Polres Batu. Jadi, sekarang sudah tidak ada masalah, ucap Manager Marketing & Public Relation Jatim Park Group Titik S. Ariyanto.

Artikel Asli