Tips Cerdas Supaya Tidak `Digetok` Harga saat Makan di Tempat Wisata

Travel | inewsid | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 12:29
Tips Cerdas Supaya Tidak `Digetok` Harga saat Makan di Tempat Wisata

JAKARTA, iNews.id - Belakangan ini sedang viral seorang perempuan yang bercerita di media sosial (medsos). Dia merasa kecewa setelah makan pecel lele di pinggir jalan sekitar Malioboro, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dia mengatakan, makan hanya dengan satu porsi pecel lele sampai menghabiskan Rp37 ribu.

Perempuan itu merinci makanan pinggir jalan yang harganya dirasa tidak masuk akal. Rinciannya, pecel lele seharga Rp20.000, nasi putih Rp7.000 dan lalapan Rp10.000.

Sementara itu, salah seorang warga Yogyakarta, Kartikawati mengatakan, dirinya juga pernah mengalami hal serupa. Dua porsi pecel ayam dan dua gelas es jeruk, sampai menghabiskan lebih dari Rp150.000.

Menurutnya, para wisatawan harusnya lebih berhati-hati dan bertanya lebih dulu di tempat asing. Sebab, sebagian pedagang menganggap, turis yang datang ke kawasan wisata, seperti Malioboro merupakan orang berduit.

"Makannya hati-hati kalau makan di tempat wisata. Kadang mematok harga yang enggak wajar. Aku pribadi yang warga lokal pernah mengalami hal yang sama" ujar Kartikawati saat dihubungi MNC Portal, Jumat (28/5/21).

Kemudian, Kartika yang juga merupakan seorang konsultan media ini memberikan tips supaya tidak digetok harga saat makan di tempat wisata. Ingin tahu apa saja?

1. Tanyakan harganya lebih dulu.

2. Jika sungkan bertanya, maka sebelumnya bisa meminta rekomendasi orang terdekat yang mengetahui kondisi di tempat wisata yang dituju.

3. Apabila ragu mendatangi warung makan tanpa menu yang menampilkan harganya, maka bisa mencari tempat lain.

4. Cari makan di luar area wisata ramai. Misalnya, di luar Malioboro banyak penjual yang menawarkan makanan murah dan enak. Anda juga bisa menemukan sate ayam harganya hanya Rp5.000 untuk 10 tusuk.

"Biasanya mbok-mbok yang sudah tua jual makanan enak dan murah. Rasanya juga masih sangat autentik. Di Yogyakarta banyak yang jual seperti itu," ujarnya.

Artikel Asli