Ide Bisnis Makanan

Travel | inewsid | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 09:48
Ide Bisnis Makanan

JAKARTA, iNews.id - Ide bisnis makanan sangat beragam. Seperti kita ketahui, bisnis makanan memang tidak ada matinya. Sebab, semua orang di dunia membutuhkan makanan. Oleh karena itu, banyak pengusaha membuka usaha kuliner berupa kedai, angkringan, rumah makan, hingga restoran.

Di dunia serba digital ini, masyarakat semakin mudah mencoba berbagai makanan dengan pemesanan online. Jadi, meski di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, usaha kuliner masih dapat bertahan.

Terlebih, jika Anda menjajal bisnis kuliner kekinian, di mana Anda menjual makanan-makanan yang banyak digemari masyarakat dan menjadi tren. Tentunya ini menjadi ide bisnis makanan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Sebelum mulai, Anda perlu memikirkan ide bisnis makanan secara matang dengan berbagai pertimbangan. Mulai dari tren makanannya, permintaan masyarakat atas makanan tersebut, hingga budget. Jika masih bingung, ada beberapa ide bisnis makanan hits yang bisa Anda coba.

Nah, penasaran apa saja sih ide bisnis makanan yang lagi hits? Berikut daftarnya seperti dirangkum pada Jumat (28/5/2021).

1. Frozen food

Ide bisnis makanan di urutan pertama adalah frozen food atau makanan beku. Di masa pandemi seperti sekarang, banyak orang tinggal di rumah dan memasak masakan rumahan. Kadangkala, frozen food dibutuhkan konsumen di masa-masa ini jika sedang bosan, malas memasak, atau ingin agar lebih praktis saja.

Sebab, cara mengolah frozen food sangat mudah dan praktis, yakni tinggal dikukus atau digoreng saja. Beberapa jenis frozen food yang sering dijual di antaranya daging sapi, daging ikan, sosis, bakso, fish stik, kentang, chicken katsu, aneka sayuran, hingga dimsum.

2. Mentai

Ide bisnis makanan di urutan selanjutnya adalah makanan yang dibumbui dengan saus mentai. Misalnya saja yang banyak ditemui, nasi mentai yang hits. Bagi Anda yang belum tahu, nasi mentai adalah hidangan nasi khas Jepang yang dibuat dari nasi Jepang, campuran, mentaiko, yang kemudian diasinkan dan ditambah mayones.

Nasi mentai biasanya ditambahkan toping berupa potongan chicken fillet, salmon, crab stick, potongan daging ikan tuna, atau  beef. Tidak hanya dicampurkan nasi, saus mentai yang rasanya khas juga kerap dicampurkan ke bahan makanan lainnya seperti dimsum. Sehingga tidak hanya nasi mentai yang menjadi kuliner hits sekarang, tetapi juga dimsum mentai, yang tak jarang ditambah dengan lelehan mozarella.

3. Dessert box

Ide bisnis makanan di urutan berikutnya adalah dessert box. Ya, sesuai namanya, dessert box adalah makanan pencuci mulut yang biasanya bercita rasa manis ataupun menyegarkan. Biasanya itu berupa kue yang kaya dengan krim dan toping menggugah selera yang di letakkan di dalam box. Atau bisa juga berupa salad buah yang creamy dan menyegarkan.

Kemampuan membuat kue yang enak, menggunakan toping yang berani, dan packaging yang cantik menjadi unsur penting jika Anda ingin terjun di bisnis ini. Selain itu, Anda juga ditantang kreatif untuk menciptakan menu-menu baru yang berbeda dengan kompetitor-kompetitor Anda. Misalnya, membuat dessert box rasa cokelat, red velvet, keju, karamel, tiramisu, hingga biskuit.

4. Aneka nasi dan ayam

Ide bisnis makanan berikutnya adalah aneka nasi dan ayam. Mengapa? Nasi merupakan makanan wajib bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Kemudian, ayam juga merupakan makanan yang mudah diterima lidah orang Indonesia.

Menu-menu makanan dari aneka nasi dan ayam yang kekinian kini banyak ragamnya. Ada nasi kulit yang merupakan perpaduan nasi, kulit ayam kriuk, serundeng, dan sambal khas Indonesia. Anda juga bisa mencoba bisnis nasi ayam geprek atau bakar yang kerap menjadi andalan saat lapar melanda. Tren makanan ini juga tak lekang oleh waktu apabila Anda memberikan harga serta rasa yang bersaing.

5. Aneka daging sapi dan konsep grill

Ide bisnis makanan di urutan terakhir adalah sei sapi dan konsep restoran grill. Sei sapi belakangan populer dan banyak dijual di restoran hingga kedai makanan. Sei berasal dari Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Sei sapi sendiri adalah daging asap yang diiris memanjang lalu diasap atau dibakar dan diberi aneka bumbu.

Selain itu, konsep restoran grill yang mengajak konsumen memasak sendiri makanannya juga hits belakangan ini. Tidak mesti menjual sei sapi, tetapi juga daging sapi yang diberi bumbu ala Korea atau Jepang. Konsep grill kadang juga diterapkan bersamaan dengan ‘All You Can Eat’.

Artikel Asli