8 Ide Wisata di Pantai Anyer, Asyik Bisa Lihat Krakatau dari Mercusuar Kuno

Travel | inewsid | Published at Kamis, 22 April 2021 - 11:02
8 Ide Wisata di Pantai Anyer, Asyik Bisa Lihat Krakatau dari Mercusuar Kuno

JAKARTA, iNews.id - Pantai Anyer merupakan salah satu destinasi paling populer dikunjungi saat libur tiba. Terutama bagi wisatawan asal Jakarta dan sekitarnya, Pantai Anyer menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin berwisata ke pantai.

Memang, Indonesia memiliki banyak tempat wisata menarik, dan cukup hemat untuk dikunjungi. Salah satunya adalah kawasan Anyer, di Serang, Banten.

Namun, di masa pandemi seperti saat ini, pergi berlibur harus tetap waspada guna mencegah tertular dari virus Covid-19.

Meski di masa pandemi, bukan berarti Anda tidak bisa berwisata. Asalkan menerapkan protokol kesehatan, Anda dapat berwisata di pantai, menikmati ombak hingga bermain di pasir putih.

Lantas, bagaimana cara berlibur ke Anyer dengan aman, nyaman, serta harganya terjangkau? Dirangkum pada Kamis (22/4/2021), berikut ulasannya:

1. Tetap Jaga Protokol Kesehatan

Hal pertama yang paling penting adalah tetap menjaga protokol kesehatan. Yakni dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak atau menghindari kerumunan.

2. Bawa Alat-Alat dan Bekal Sendiri

Jangan lupa membawa peralatan atau bekal sendiri. Supaya Anda tetap aman dan nyaman selama liburan ke Anyer. Serta yang utama adalah lebih hemat.

3. Pilih Tempat yang Cenderung Sepi

Kemudian pilih tempat yang cenderung sepi, atau tak banyak kerumunan. Dengan demikian Anda dapat bermain di pantai dengan aman.

4. Pilih Penginapan Sesuai Budget

Bagi Anda yang ingin bermalam di Anyer, bisa mencari penginapan yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Sebelum berangkat, beberapa hari sebelumnya bisa mencari rekomendasi penginapan paling pas. Bisa melalui sosial media, atau e-commerce penjualan yang menyediakan promosi.

5. Spot Foto Menarik

Kawasan Pantai Anyer juga memiliki banyak spot foto yang menarik, dan cantik. Misalnya, di Pantai Sambolo, di sini Anda bisa berswa foto dengan latar belakang pemandangan yang indah.

6. Menikmati Kuliner

Tak lengkap rasanya apabila Anda berkunjung ke suatu tempat, jika tidak mencicipi kulinernya. Di Anyer sendiri cukup dikenal dengan olahan seafoodnya.

Anda bisa menikmati aneka ikan bakar, udang, cumi-cumi dan hidangan seafood lainnya yang diolah menjadi makanan lezat dan nikmat.

7. Daya Tarik

Berada di Pantai Anyer, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan mercusuar yang menjulang tinggi. Mercusuar kuno ini merupakan salah satu ikon yang memiliki nilai sejarah panjang untuk kawasan Pulau Jawa. Tingginya mencapai sekira 75,5 meter.

Awalnya, mercusuar ini dibangun pada 1806, namun karena terjadi bencana alam yang cukup parah maka dibangun kembali pada 1885 oleh Raja Wilem II. Mercusuar ini memiliki fungsi yakni sebagai petunjuk ketika kapal besar datang untuk merapat dan berlabuh di perairan Banten. Untuk pengunjung yang ingin naik, Anda harus menaiki 280 anak tangga.

Berada di puncak mercusuar, Anda dapat menikmati hamparan laut di Pantai Anyer. Bahkan, jika  cuaca sedang bagus, Anda dapat menikmati pesona Gunung Krakatau dari mercusuar.

8. Rute Menuju Anyer

Kawasan wisata pantai Anyer berada di Jalan Raya Anyer, Kecamatan Anyer, Banten. Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan menuju tempat satu ini dari Jakarta hanya membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 jam. Wisatawan bisa memilih dua rute untuk bisa sampai. Untuk rute pertama, para pengunjung bisa keluar dari pintu tol Serang untuk menuju Pantai Carita. Selanjutnya, Anda bisa memasuki wilayah Anyer.

Sedangkan untuk jalur kedua yang bisa ditempuh, Anda bisa keluar melalui tol Cilegon Barat. Setelah itu, akan sampai di percabangan dua. Kemudian, Anda bisa mengambil jalur untuk menuju ke wilayah Anyer.

Artikel Asli