Resep Soto Lamongan Asli, Ternyata Pakai Rebusan Ikan Bandeng Makin Segar

Travel | inewsid | Published at Senin, 05 April 2021 - 10:12
Resep Soto Lamongan Asli, Ternyata Pakai Rebusan Ikan Bandeng Makin Segar

JAKARTA, iNews.id - Bagi penggemar soto, tentunya sudah sangat familiar dengan menu yang satu ini, yaitu Soto Lamongan. Soto Lamongan memiliki rasa yang segar dan gurih. 

Biasanya, Soto Lamongan identik dengan kuahnya yang beraroma khas dan memakai koya. Warnanya agak kekuningan. Adapun isian Soto Lamongan adalah kol dan bihun.

Kali ini, jika ingin mencicipi Soto Lamongan asli, Anda bisa membuat di rumah. Untuk membuat Soto Lamongan semakin enak dan gurih, Anda bisa menambahkan rebusan ikan bandeng.

"Malem2 posting soto ayam lagi, sebenernya bukan penggemar soto tapi berhubung suami doyan banget makan soto, akhirnya sering banget bikin soto, kali ini ibuk bikin soto ala2 lamongann yang diberi ikan bandeng di kuahnya, resepnya dari saudara ibuk yang kebetulan orang asli lamongan, kalau ditanya amis enggak, enggak ya karena ikannya pun pakainya sedikit enggak banyak, cuus langsung resepnya ya," tulis Instagram ocha_chupid, dikutip Senin (5/4/2021).

Tidak terlalu sulit untuk membuat Soto Lamongan. Anda bisa menyajikan menu berkuah ini kepada keluarga. Tertarik membuat Soto Lamongan enak dan gurih? Berikut ulasannya.

Bahan:

1 ekor ayam kampung1 ekor ikan bandeng kecil (150gr)2 batang daun bawang, rajang1 batang seledri, biarkan utuh

Bahan pelengkap:

Kubis/kol, rajang halusBihun jika sukaSeledri, rajang halusKoya (terbuat dari kerupuk udang + bawang putih goreng yang dihaluskan)Cabai rebus/sambalJeruk nipisKecap manis

Bumbu halus:

75 gr bawang putih100 gr bawang merah10 butir kemiri goreng5 cm jahe5 cm kunyit3 cm kencur2 sdm ketumbar bulat (sangrai)1 sdm merica bulat3 biji kapulaga1/2 sdt jintenSejumput pala bubuk

Bumbu lain:

50 gr lengkuas, geprek6 lembar daun salam6 lembar daun jeruk3 batang serai, geprekGula, garam, merica, kaldu bubuk secukupnya

Cara Membuat:

1. Tumis bumbu halus hingga matang, sisihkan.2. Didihkan air rebus bandeng hingga empuk dan hancur, lalu saring buang tulang-tulangnya.3. Campur rebusan air bandeng dengan air biasa, lalu masukkan ayam, bumbu halus, lengkuas, daun salam, daun jeruk, dan juga serai.4.bmasak hingga ayam empuk, tambahkan air jika kuah meyusut.5. Jika ayam sudah empuk ambil dan sisihkan ayam.6. Beri 1 genggam bawang putih dan bawang merah goreng, serta masukkan daun bawang.7. Bumbui dengan gula, garam, merica dan kaldu bubuk. Koreksi rasa, dan sajikan bersama pelengkap.

Artikel Asli