5 Makanan Khas Sulawesi Tengah, Rasanya Lezat dan Unik Bikin Penasaran

Travel | inewsid | Published at Senin, 05 April 2021 - 10:20
5 Makanan Khas Sulawesi Tengah, Rasanya Lezat dan Unik Bikin Penasaran

JAKARTA, iNews.id - Makanan Khas Sulawesi Tengah memiliki ciri khas tersendiri untuk dinikmati. Biasanya, makanan tersebut identik dengan rasa yang pedas dan asam.

Terutama jika Anda ke Palu, di sini terdapat makanan khas Sulawesi Tengah yang akan membuat siapa saja ketagihan mencicipi.

Palu merupakan salah satu kota besar yang berada di Pulau Sulawesi, sekaligus menjadi ibukota provinsi Sulawesi Tengah. Palu banyak menyajikan beraneka macam wisata yang menakjubkan bagi para wisatawan.

Mulai dari wisata alam yang memesona, hingga wisata kuliner yang dijamin akan membuat lidah Anda tergoda untuk mencobanya. 

Salah satu bahan utama yang kerap dijadikan makanan khas Sulawesi Tengah biasanya berupa sagu. Sagu dapat diolah menjadi beragam makanan dan camilan. Anda bisa berkreasi dari bahan sagu.

Karena terkenal memiliki makanan yang enak, tidak heran jika wisatawan betah untuk berlama-lama berwisata di Sulawesi Tengah.

Nah, bagi Anda yang penasaran, berikut 5 makanan khas Sulawesi Tengah yang patut dicoba.

1. Kapurung

Makanan Khas Sulawesi Tengah pertama yang waib dicicipi adalah Kapurung. Kapurung merupakan makanan paling populer di Palu. Kapurung terbagi menjadi tiga variasi berdasarkan lauk-nya yaitu kapurung ikan palumara, kapurung ayam, dan kapurung udang.

Kapurung terdiri dari sayuran yang direbus, utamanya cacahan jantung pisang, dan sayuran lain seperti bayam, kangkung, pakis, kacang panjang dan sebagainya. Selain itu, Kapurung juga biasa dinikmati bersama dengan sagu dan cacahan ikan, ayam, atau udang dengan kuah asam.

2. Lalampa

Lalampa merupakan kue khas Sulawesi Tengah yang memiliki bentuk seperti lemper atau lontong namun memiliki ukuran yang lebih panjang dan ramping. Makanan khas Sulawesi Tengah yang sangat mirip lemper ini diisi dengan ikan cakalang dan dimasak dengan cara dibakar di atas arang.

Bahan utama pembuatan Lalampa selain ikan cakalang adalah beras ketan putih, santan, dan berbagai bumbu-bumbu sebagai isiannya. Lalampa memiliki citarasa yang gurih dan sedikit pedas dengan harga mulai dari Rp1.500/satuan.

3. Kacang Goyang

Nama kacang goyang berasal dari proses pembuatannya yang harus digoyang-goyang di atas bara api. Kacang goyang dibuat dari kacang tanah yang sebelumnya disangrai setelah kulitnya dilepaskan, kemudian kacang ditempatkan di bawah lelehan gula berwarna-warni yang juga membuat tampilannya menarik.

Kacang goyang memiliki lapisan tekstur gula yang keras namun rasanya manis dan gurih sehingga cocok untuk dijadikan camilan maupun oleh-oleh khas Palu. Kacang Goyang dijual dengan harga mulai dari Rp20.000/pack.

4. Sambal Ikan Roa

Makanan khas Sulawesi Tengah lainnya ada sambal Ikan Roa. Sambal ini terbuat dari jenis ikan Roa atau ikan julung-julung yang banyak ditemukan di perairan Sulawesi. Sambal ikan roa dibuat dengan cara menghaluskan daging ikan roa yang kemudian dicampur dengan cabai dan bumbu pelengkap lain.

Awalnya, sambal ini merupakan menu sajian pribadi masing-masing warga di Sulawesi Tengah. Seiring berjalannya waktu, sambal ikan roa diproduksi secara luas dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Palu.

5. Tabaro Dange

Tabaro Dange adalah kudapan khas Palu yang berbahan dasar sagu. Masyarakat Palu juga menyebut tabaro Dange dengan julukan Jepa. Kudapan ini sangat khas karena dibuat secara tradisional menggunakan tungku dan belanga yang terbuat dari tanah liat.

Bahan dasarnya terbuat dari campuran sagu dan kelapa parut. Isian di dalamnya, seperti ikan dan gula merah. Kombinasi dari bahan-bahan tersebut serta pembuatannya yang khas membuat citarasanya unik dan enak.

Artikel Asli