Loading...
Loading…
Notaris Lulusan UGM Ini Gantikan Edhy Prabowo sebagai Anggota DPR

Notaris Lulusan UGM Ini Gantikan Edhy Prabowo sebagai Anggota DPR

TOP | inewsid | Rabu, 22 Januari 2020 - 21:00

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPR Puan Maharani memimpin pelantikan dua anggota legislatif periode 2019-2024 melalui proses Pergantian Antar Waktu (PAW). Mengundang Edhy Prabowo dan Zainudin Amali yang telah dilantik sebagai menteri dalam Kabinet Indonesia Maju.

Pelantikan dua anggota DPR baru harus dilanjutkan dalam sidang paripurna ke-8 masa persidangan II tahun 2020 di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (22/1/2020). Puan didampingi tiga wakil ketua DPR yaitu Aziz Syamsuddin, Muhaimin Iskandar, dan Rachmat Gobel.

"Renny Astuti menggantikan Edhy Prabowo dari Fraksi Partai Gerindra daerah pemilihan Sumsel I dan M Ali Ridha menyetujui Zainudin Amali dari Fraksi Partai Golkar daerah pemihan Jatim XI," kata Puan.

Puan menerangkan, proses PAW ini sesuai Pasal 8 ayat 1 Peraturan DPR tentang tata tertib. Pasal ini menyatakan anggota pengganti antar-waktu sebelum memasuki jabatan terlebih dahulu mengucapkan sumpah janji secara bersama-sama yang dipandu oleh Ketua DPR.

"Berdasarkan hal tersebut, kami menanyakan kepada sidang dewan yang terhormat, apakah kita dapat melakukan pelantikan anggota, setuju?" tanya Puan. "Setuju," jawab anggota sidang paripurna.

Baca Juga :
Pesan Bupati Situbondo, sindiran Sule, hingga gaji Edhy Prabowo dan istri

Untuk diketahui, dalam Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, sementara Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Dalam Pemilu 2019, mereka sebelumnya lolos sebagai anggota DPR.

Renny Astuti merupakan persetujuan hukum. Alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini merupakan salah satu notaris ternama di Sumatera Selatan. Dengan raihan suara terbanyak kedua, dia dibawa Edhy Prabowo.

Sementara M Ali Ridha merupakan legislator kelahiran Bondowoso. Dia merupakan pekerja swasta. Dengan persetujuan suaranya, Ridha menyetujui Zainudin Amali.

Original Source

Topik Menarik