Naik Status, Institut Nalanda Komitmen Wujudkan Kampus Buddha Berdaya Saing Global

Naik Status, Institut Nalanda Komitmen Wujudkan Kampus Buddha Berdaya Saing Global

Terkini | inews | Rabu, 10 Juli 2024 - 22:30
share

JAKARTA, iNews.id - Sekolah Tinggi Agama Budha (STAB) naik status menjadi Institut Nalanda. Perubahan status ini dinyatakan lewat Keputusan Menteri Agama No 452 Tahun 2024. 

Status institut ini pun menjadi sangat bergengsi sebab Nalanda adalah lembaga pendidikan tinggi keagamaan Budha pertama di Indonesia kali yang berhasil menyandang predikat tersebut. 

Peluncuran resmi perubahan status ini digelar di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Pusat, Rabu (10/7/2024). 

Transformasi ini menjadi momentum besar bagi Institut Nalanda untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi keagamaan Buddha yang berkualitas dan berdaya saing hingga level global. Selain perubahan status, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan peluncuran logo baru Nalanda. 

Rektor Institut Nalanda Dr Sutrisno mengatakan, perubahan status Nalanda merupakan ujung dari jalan panjang langkah transformasi lembaga pendidikan yang dia pimpin selama ini. 

Dia mengungkapkan, upaya besar-besaran transformasi ini mulai dilakukan sejak 2020 setelah pengelola mendiskusikan secara intensif dengan para pengurus yayasan. Saat itu ada tiga lompatan yang disepakati untuk menaikkan kualitas Nalanda, yakni dari sisi lembaga, akreditasi program studi dan jumlah mahasiswa.

“Dengan keseriusan dan kolaborasi berbagai pihak berbagai kendala yang muncul bisa kita selesaikan dengan baik. Dan, kerja bersama selama empat tahun untuk meningatkan kualitas Nalanda ini akhirnya membuahkan hasil,” ujar Dr Sutrisno dalam keterangan tertulisnya. 

Sutrisno menilai, capaian yang membanggakan ini tentu sebuah keunggulan bagi Institut Nalanda. Kendati demikian, Sutrisno mendorong agar sivitas akademika dan berbagai pihak terkait tidak  cepat berpuas diri. 

Tantangan lain yang perlu dihadapi agar Institut Nalanda lebih berdaya saing adalah mewujudkan kemandirian lembaga serta memperkuat jaringan hingga internasional. 

Dia bersyukur Nalanda kini sudah merintis kerja sama dengan berbagai lembaga luar negeri termasuk upaya menambah mahasiswa asing. Tak hanya itu, kini Nalanda juga tengah merintis program doktoral yang diharapkan menjadi keunggulan bagi lembaga.

Direktur Urusan Agama Buddha Kementerian Agama Nyoman Suriadarma mengapresiasi atas prestasi membanggakan yang telah dicapai oleh Institut Nalanda.

Nyoman mendorong agar perubahan ini menjadikan Institut Nalanda kian terpacu dalam meningkatkan akses, jangkauan, sebaran, mutu, daya saing pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

“Institut Nalanda juga harus mampu menjawab peningkatan kemampuan intelektual, membentuk nilai moral dan etika yang kuat, membekali individu dengan keterampilan praktis, membenahi taraf hidup serta membantu menciptakan masyarakat yang lebih adil, toleran dan harmoni,” katanya.

Grand Launching Institut Nalanda ini antara dihadiri Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Gandi Sulistyanto, Pelopor Pendiri Yayasan Dana Buddhis Romo Surya Widya, Direktur Urusan Agama Buddha Nyoman Suriadarma dan perwakilan sejumlah organisasi Budha.

Topik Menarik