10 Contoh Teks Berita Lengkap Berbagai Tema

10 Contoh Teks Berita Lengkap Berbagai Tema

Terkini | inews | Rabu, 10 Juli 2024 - 22:48
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh teks berita biasa kita temukan di media massa, baik cetak maupun online. Berbagai jenis media pun memberitahukan atau menyajikan informasi kepada pembaca atau penonton tentang peristiwa terbaru. 

Melansir buku Mencari Informasi Terkini oleh Kemendikbud, Rabu (10/7/2024), teks berita adalah teks yang berisi mengenai suatu kejadian, peristiwa atau informasi berupa fakta dan dapat ditemui di berbagai platform media sosial. 

Saat menyusun berita, penulis perlu untuk menerapkan prinsip 5W+1H, yaitu what (apa), when (kapan), where (di mana), who (siapa), why (mengapa), dan how (bagaimana).

Nah, berikut iNews.id akan berikan informasi mengenai contoh teks berita yang dilansir dari berbagai sumber. 

Contoh Teks Berita  

1. Berita Kecelakaan Maut

Selamat pagi pemirsa, kembali bersama saya Vivian Viana dalam acara MakNews Pagi untuk menyampaikan berita-berita yang teraktual dan terkini seputar Indonesia.

Pada Senin sore, 20 Mei 2092, sebuah motor yang dikendarai oleh seorang wanita tua bernama Maryam mengalami kecelakaan di jalan Jendral Semut. 

Motor tersebut kehilangan kendali dan menabrak trotoar jalan ketika melewati sebuah tikungan yang berada persis di depan lampu merah. 

Menurut saksi mata, sebelum kecelakaan terjadi motor yang dikendarai korban sempat melaju oleng dengan kecepatan cukup tinggi. Jenazah korban kemudian dibawa ke rumah sakit Cito Mangun Negoro untuk dilakukan otopsi.

2. Berita Kemacetan

Selamat siang, pemirsa. Kembali dengan saya Bruno Max dalam acara Menyapa Indonesia Siang. Kali ini kami akan menyampaikan berita kemacetan yang sering menjadi masalah utama di kota-kota besar di Indonesia, termasuk ibukota Jakarta. 

Di hari ini volume kendaraan meningkat, khususnya di akhir pekan yang panjang. Kemacetan terjadi di banyak wilayah Jakarta dan daerah kota Kasablanka yang terparah.

Kemacetan juga diikuti hujan besar yang membasahi area sekitarnya sejak tadi pagi pukul 08.00 WIB yang mana menjadikan kemacetan semakin parah. 

Hujan besar juga turun di bagian barat Jakarta dan telah menyebabkan banjir. Banjir sudah setinggi 20 cm dan mengganggu pengguna jalan. Ini dapat membahayakan khususnya bagi pengguna sepeda motor. Petugas kepolisian turut membantu mengatur lalu lintas.

3. Berita Kebakaran

Selamat sore pemirsa, kembali dengan saya, Rani Rinata di Apa Kabar Hari Ini petang.

Saudara, ratusan kios di pasar darurat yang didirikan oleh pemerintah kabupaten Banyumas di kawasan Purwokerto Barat, terbakar, api dengan cepat menjalar karena bangunan didominasi dari material kayu

Sekitar 300 kios di pasar darurat Purwokerto Barat, Banyumas, Jawa Tengah terbakar sejak minggu malam. Sejumlah mobil pemadam kebakaran milik pemerintah kabupaten Banyumas diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan api Hingga pukul 04.00 pagi petugas pemadam masih berupaya untuk memadamkan api dibantu oleh warga sekitar.

Itulah berita untuk petang ini,

Ikuti pembaruan selanjutnya di Apa Kabar Hari Ini satu jam lagi. Saya Rani Rinata, selamat malam dan sampai jumpa.

4. Berita Akses Pendidikan yang Tidak Memadai

Selamat pagi, pemirsa. Anda sedang menyaksikan Flash News dengan saya Andi Zaki. Kami akan menghadirkan pada Anda berita-berita terkini dari seluruh Indonesia.

Saudara, anak anak SD di desa Kutaliman, Kabupaten Banyumas jika pasca turun hujan harus berjuang lebih keras dalam menuntut ilmu, mereka harus berjalan kaki tanpa menggunakan sepatu dalam kondisi lumpur dan becek dengan jarak tempuh mencapai 6 km untuk belajar di sekolah dan menggapai cita cita mereka.

Selain akses jalan yang rusak, kondisi sekolah juga sangat mengkhawatirkan. minimnya pelajar di wilayah desa tersebut ditambah bangunan kelas dalam kondisi rusak, membuat sejumlah siswa sekolah dasar negeri ini terpaksa digabung dengan siswa kelas lain.

Hingga kini, sarana dan prasarana sangat minim, seperti kelas yang rusak dan perpustakaan yang kurang buku, selain itu sekolah ini hanya mempunyai tenaga pengajar 9 orang.

Menurut pihak sekolah, mereka sudah sering melaporkan kondisi sekolahnya ke dinas pendidikan kabupaten empat lawang, namun sampai saat ini belum ada perhatian sedikitpun dari pemerintah setempat.

5. Berita Gempa Bumi

Selamat pagi pemirsa, kembali bersama saya Linda Jayana akan menemani anda selama tiga puluh menit ke depan dalam iNews Flash. 

Pemirsa, gempa berkekuatan magnitudo 5,1 di kota Palu dini hari tadi terjadi pada pukul 03.00 WITA menimbulkan dampak longsoran bawah laut dan terjadinya kenaikan permukaan air laut.

Detik detik saat permukaan air laut di beberapa pantai naik terekam dari video yang tersebar di Internet, saat ini warga di sekitar pantai sudah mengungsi ke daerah perbukitan menjauhi pantai.

BMKG melalui akun resminya di twitter juga sudah memperingatkan potensi tsunami atau naiknya permukaan air laut akibat adanya longsor bawah laut sebagai dampak gempa magnitudo 5,1 ini. 

BMKG mengeluarkan peringatan potensi tsunami dan juga gempa susulan. Selain itu, BMKG meminta warga di sekitar pantai untuk segera menjauhi pantai dan menuju daerah yang tinggi.

6. Berita Sepak bola 

Manchester City semakin menunjukkan keperkasaannya dalam persaingan perebutan gelar juara Liga Inggris usai berhasil meraih kemenangan meyakinkan atas Newcastle dengan skor empat gol tanpa balas pada akhir pekan lalu (19/12/21).

Dalam laga yang digelar di St James Park tersebut, City berpesta gol ke gawang Newcastle melalui aksi Ruben Dias pada menit ke-5, Joao Cancelo pada menit ke-27, Riyad Mahrez (63’) dan Raheem Sterling yang berhasil menutup pesta gol timnya di menit ke-82.

Kemenangan tersebut semakin mengukuhkan The Citizens, julukan Manchester City di puncak klasemen sementara Liga Inggris dengan torehan 44 poin, unggul tiga angka dari Liverpool yang tertahan 2-2 di markas Tottenham Hotspur pada hari yang sama.

Hasil tersebut juga turut memecahkan rekor baru kemenangan terbanyak dalam sejarah Liga Inggris. The Citizens telah mencatatkan 34 kemenangan dari 42 pertandingannya di Liga Inggris pada tahun 2021, City mampu unggul dari Liverpool yang pernah menorehkannya dengan 33 kemenangan pada 1982.

Selain itu, Manchester City juga sukses mencatatkan 106 gol di liga pada 2021. The Citizens menjadi tim yang paling produktif dalam setahun kalender, sekaligus merupakan rekor baru Premier League sejak 1992.

7. Berita Teknologi

Huawei akan mengungkap kehadiran smartphone layar lipat teranyar dengan desain clamshell pertamanya pada 23 Desember 2021.Kabar ini diumumkan lewat akun Weibo milik perusahaan asal Tiongkok tersebut. 

Adapun ponsel ini akan memiliki lapisan mewah, ketimbang HP Android lainnya.Dari image yang dibagikan, tampak HP layar lipat baru Huawei itu memiliki lapisan kristal berkilau dan mengusung nama P50 Pocket, sebagaimana dilansir GSM Arena, Jumat (17/12/2021).

Lewat Huawei P50 Pocket, ponsel baru ini merupakan upaya perusahaan untuk merambah pasar compact foldable yang saat ini didominasi oleh Samsung Galaxy Z Flip3.

Penampakan ponsel baru Huawei ini juga muncul di akun Weibu milik majalah fashion kenamaan, yaitu Harper Bazaar.Huawei P50 Pocket tampak dari berbagai angle foto, dipegang oleh Guan Xiaotong, aktris dan penyanyi terkenal asal Tiongkok.

Dari beberapa foto tersebut, dapat dikonfirmasi Huawei P50 Pocket mengusung desain lingkaran ganda yang berfungsi untuk rumah lensa kamera dan layar kecil.

Jika diperhatikan, ponsel ini akan mengusung tiga kamera dan sebuah flash LED di lingkaran pertama.Sedangkan untuk lingkaran kedua, Huawei menyematkan sebuah layar kecil untuk memunculkan notifikasi atau keperluan saat selfie.

Seperti Galaxy Z Flip3, Huawei P50 Pocket ini akan menyasar para fashionista dengan desain ponsel menjadi daya jualnya.Sayang, masih belum diketahui secara detail spesifikasi hardware ponsel berdesain clamshell milik Huawei ini.

Diprediksi, Huawei P50 Pocket ini akan mengusung Snapdragon 888, kamera dengan kombo utama + ultra-lebar + potret, tanpa sensor mewah di belakang.

8. Berita Politik 

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengungkapkan tingkat partisipasi pemilih Pilkada 2020 sebesar 76,09 persen atau mendekati target 77,5 persen yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum. 

Atas tingkat partisipasi pemilih ini pun Indonesia mendapat pujian dari sejumlah pihak."Tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak 2020 di 270 daerah mencapai 76,09 persen, naik 7,03 persen dari pemilihan 2015 dengan jumlah 269 daerah yaitu 69,06 persen," ujar Tito Karnavian dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat, Selasa (20/1/2021).

"Ini saya kira cukup baik karena angka ini mendekati target dan melampaui partisipasi pemilih Pilkada 2015," ucapnya.Menurut Tito, apresiasi terhadap Indonesia atas keberhasilan Pemilu 2020 tersebut salah satunya datang dari Duta Besar Amerika Serikat yang bertemu pihaknya pada pekan lalu.

"Mereka menyampaikan selamat kepada Indonesia, karena selain tertib saat pemungutan suara, kampanye juga, voters turnout ini luar biasa bagi mereka. Mereka aja belum bisa mencapai itu. 

Dan itu pun masih banyak ekornya," kata Tito.Sebelumnya Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia menyampaikan selamat kepada Indonesia atas keberhasilan Pilkada 2020.

"Saya ingin mengucapkan selamat atas suksesnya pemilihan (kepala) daerah yang baru lalu. Sungguh menakjubkan bagi saya kesuksesan tersebut," jelas Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Y Kim saat melakukan kunjungan kehormatan kepada Mendagri di Kantor Kemendagri, Selasa (12/1/2021).

Tito mengatakan angka partisipasi pemilih itu menjadi salah satu keberhasilan bangsa Indonesia. Dia membandingkan dengan Pemilu Amerika Serikat pada November 2020 dengan partisipasi pemilih sebesar 66,9 persen.

Menurut Tito, angka 66,9 persen itu merupakan partisipasi pemilih tertinggi di Pemilu AS selama 120 tahun terakhir. Capaian tertinggi sebelumnya terjadi di Pemilu AS tahun 1900 dengan angka partisipasi pemilih 73,9 persen.

Tito juga membandingkan dengan partisipasi pemilih di Pemilu Korea Selatan sebesar 66,2 persen. Dia menyebut angka itu juga merupakan yang tertinggi selama 28 tahun terakhir.

Jika dirinci, Tito melanjutkan, tingkat partisipasi pemilih untuk pemilihan gubernur sebesar 69,67 persen. Provinsi dengan tingkat partisipasi pemilih tinggi adalah Sulawesi Utara, Bengkulu, dan Kalimantan Utara.

Adapun provinsi dengan tingkat partisipasi rendah adalah Kalimantan Tengah (59,98 persen), Sumatera Barat (61 persen), dan Kalimantan Selatan (65 persen).

Untuk tingkat kabupaten, Tito menyebut tingkat partisipasi pemilihnya 77,52 persen. Sedangkan tingkat partisipasi pemilih untuk pemilihan wali kota sebesar 69,04 persen.

Tito mengimbuhkan, Pilkada 2020 merupakan yang terbesar kedua, setelah Amerika Serikat, dari 96 pemilihan yang digelar berbagai negara di dunia sepanjang 2020. 

Dia berujar, potensi pemilih di Amerika Serikat sebanyak 200 juta, sedangkan potensi pemilih Pilkada 2020 di Indonesia banyak 100 juta."Dengan tingkat partisipasi 76 persen lebih, artinya hampir 77 juta pemilih yang hadir pada saat hari pemungutan suara se-Indonesia. Ini adalah election nomor dua terbesar di seluruh dunia," ucap Tito Karnavian.

9. Berita Banjir

Hujan dengan intensitas tinggi dalam durasi waktu yang cukup lama mengguyur wilayah Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, selama tiga hari. Akibatnya, lima kecamatan di Asahan banjir.

Lima kecamatan di daerah itu dilaporkan tergenang banjir dengan ketinggian genangan air bervariasi antara 10 hingga 50 cm. Bahkan, dampaknya juga ikut menenggelamkan ratusan hektare sawah milik warga.

"Laporan di lima kecamatan dari kemarin malam walaupun hari ini sudah berangsur surut. Ada di (kecamatan) Meranti, Teluk Dalam, Simpang Empat, Aek Ledong dan Setia Janji," kata Kepala Pelaksana BPBD Asahan, Hary Naldo Tambunan, Rabu (6/9/2023).

Khusus di Kecamatan Meranti, ada empat desa yang memiliki area persawahan yang cukup banyak juga dilaporkan tergenang banjir. Saat ini BPBD Asahan masih melakukan validasi data dampak banjir baik rumah warga yang tergenang maupun area sawah yang terdampak.

"Kecamatan Meranti itu empat desa yang sering banjir banyak sawahnya. Kurang lebih seratus hektar sawah di sana yang diperkirakan terdampak," ujarnya.

Disebutkan, banjir terparah berada di Kecamatan Simpang Empat sebab ada luapan air dari tanggul yang tidak bisa menahan debet air dari anak sungai Silau dan Asahan.

"Simpang empat kemungkinan masih tetap bertahan dan diperkirakan akan naik. Sudah ada antisipasi dan imbauan warga di sana. Sore tadi juga sudah disiapkan tenda untuk masyarakat yang mau mengungsi," terangnya.

10. Berita Kecelakaan Lalu Lintas

Seorang ibu muda, Foni Oktavia (34), tewas terlindas truk di Jalan Raya Sultan Agung, Kelurahan Kota Baru, Bekasi Barat, Selasa (30/5/2023) malam. 

Kasie Humas Polres Metro Bekasi Kota Kompol Erna Ruswing Andari mengatakan, korban tewas akibat tergelincir di jalan yang licin lalu terlindas truk yang melintas. 

"Korban terpeleset dan terbentur dari sisi kanan kendaraan truk yang hingga kini belum diketahui identitasnya," kata Erna dikutip dari keterangannya, Rabu (31/5/2023). 

Akibatnya, korban tewas seketika di lokasi. Kejadian kecelakaan itu bermula ketika korban sedang berboncengan dengan korban berinisial ZZI (13). Saat itu, sepeda motor mereka melaju dari arah selatan Kranji menuju ke utara Harapan Indah. 

Setibanya di lokasi, kecelakaan itu pun terjadi. "Korban tewas dengan kondisi luka berat di kepala sementara korban ZZI selamat namun terluka di kakinya," ungkap Erna. 

Kasus kecelakaan tersebut kini ditangani oleh pihak Satlantas Polres Metro Bekasi Kota. Erna menyebut, pihaknya sudah ke lokasi dan mencari keterangan para saksi. "Kendaraan yang terlibat sudah diamankan ke polres untuk barang bukti," tutup Erna.

Demikian ulasan mengenai contoh teks berita. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik