Norwegia Bakal Kirim 6 Jet Tempur F-16 ke Ukraina Tahun Ini Juga

Norwegia Bakal Kirim 6 Jet Tempur F-16 ke Ukraina Tahun Ini Juga

Terkini | inews | Rabu, 10 Juli 2024 - 22:28
share

WASHINGTON DC, iNews.id - Norwegia akan menyumbangkan enam jet tempur F-16 ke Ukraina. Hal tersebut diumumkan langsung oleh pemerintah negeri Nordik itu pada Rabu (10/7/2024), ketika para pemimpin NATO menghadiri KTT di Washington DC, AS.

Perdana Menteri Norwegia, Jonas Gahr Stoere mengatakan, pengiriman pesawat tempur F-16 oleh Norwegia akan dimulai pada tahun ini juga. "Kemampuan mempertahankan diri (Ukraina) dari serangan udara sangatlah penting dalam pertempuran defensif melawan Rusia," ujarnya.

Para pemimpin NATO siap untuk mengungkap bantuan baru bagi Ukraina pada akhir pertemuan puncak mereka, Kamis (11/7/2024). Bantuan itu bertujuan untuk membantu Kiev mempertahankan diri dari agresi militer Rusia yang telah berlangsung sejak Februari 2022.

Berharap dapat mengubah arah perang, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta aliansi militer yang beranggotakan 32 negara mengirimkan lebih banyak senjata dan uang ke Kiev. Dia juga meminta negara-negara Blok Barat itu memberikan jaminan keamanan.

Pekan ini, seorang pejabat senior NATO mengatakan, Ukraina belum mengumpulkan amunisi dan personel yang dibutuhkan untuk melakukan operasi ofensif skala besar.

Topik Menarik