Bawaslu Ciamis: Forum Warga Langkah Progresif Antisipasi Pelanggaran Pilkada 2024

Bawaslu Ciamis: Forum Warga Langkah Progresif Antisipasi Pelanggaran Pilkada 2024

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Rabu, 10 Juli 2024 - 22:11
share

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Sebanyak 100 peserta menghadiri Forum Warga dan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Ciamis yang diadakan di Hotel Tyara, Rabu (10/07/2024).

Acara ini melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk pemilih pemula, komunitas disabilitas, tokoh agama, tokoh pemuda, dan organisasi kemasyarakatan lainnya.

Forum ini menghadirkan dua narasumber penting dalam bidang Pemilu, yakni Direktur Eksekutif Indonesia Budget Center (IBC), Arif Nur Alam, dan Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), Masykurudin Hafidz.

Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat (P2HM) Bawaslu Ciamis, Wulan Sarifah, menegaskan, bahwa Forum Warga ini merupakan langkah progresif dalam pencegahan pelanggaran selama Pilkada 2024.

"Ini merupakan langkah progresif dari Bawaslu Ciamis dalam menghadapi Pilkada 2024. Tugas pengawasan partisipatif masyarakat adalah untuk bersama-sama mengawasi penyelenggaraan Pilkada dan mencegah terjadinya pelanggaran," kata Wulan.

Wulan menjelaskan, bahwa melalui Forum Warga, Bawaslu dapat mengkoordinasikan langkah-langkah pencegahan dengan lebih efektif dan meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam mengawasi tahapan Pilkada.

"Dengan terbatasnya SDM Bawaslu, perlu adanya peran serta masyarakat untuk dapat mengkoordinasikan langkah-langkah pencegahan dan meningkatkan partisipasi aktif dalam mengawasi seluruh tahapan Pilkada," ungkapnya.

 

Ia berharap masyarakat dapat berperan aktif dalam pengawasan dan tidak takut untuk melaporkan jika menemukan pelanggaran.

"Mudah-mudahan ke depan akan lebih maksimal, masyarakat mau untuk melaporkan, tidak takut untuk melapor jika ditemui ada pelanggaran. Itu harapan kami, kami sangat membutuhkan bantuan peran serta masyarakat untuk sama-sama mengawasi," harapnya.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan pengawasan terhadap Pilkada 2024 di Kabupaten Ciamis dapat berjalan lebih efektif dan transparan, serta mampu mencegah berbagai bentuk pelanggaran yang mungkin terjadi. Forum Warga menjadi wadah penting bagi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dan memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik.

 

Topik Menarik