PBNU Ingatkan Pilkada 2024 Tak Boleh Ada Polarisasi

PBNU Ingatkan Pilkada 2024 Tak Boleh Ada Polarisasi

Terkini | inews | Rabu, 10 Juli 2024 - 19:16
share

JAKARTA, iNews.id - Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) mengingatkan Pilkada 2024 tidak boleh ada polarisasi seperti sebelumnya. Pesta demokrasi harus berjalan dengan damai. 

"Kami berharap pilkada ini nanti akan berjalan dengan damai dan tidak menimbulkan polarisasi seperti yang pernah kita alami di masa lalu," ujar Ketua PBNU KH Ulil Abshar Abdalla kepada wartawan di Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Menurut KH Ulil Abshar, PBNU mendukung terciptanya pilkada yang jujur adil (Jurdil). Sebab pemilu jurdil akan melahirkan calon pemimpin yang bertanggung jawab terhadap rakyatnya.

"Ya kami PBNU tentu pertama ya kami mendorong terselenggaranya pemilu yang bersih, pemilu yang beradab, pemilu yang betul-betul terbuka dan menghasilkan pemimpin yang membawa maslahat bagi rakyat," katanya.

Dia menegaskan PBNU bukanlah partai politik sehingga tidak akan ikut campur dalam pilkada. Namun bagi calon kepala daerah,  Gus Ulil akan menitipkan aspirasi dari warga Nahdlatul Ulama.

"PBNU tidak ikut campur secara kelembagaan di dalam pilkada ini, tetapi kita akan menitipkan aspirasi kita kepada calon-calon yang berkompetisi di dalam pilkada ini," katanya.

Topik Menarik