10 Provinsi dengan Jumlah Profesor Terbanyak, Jawa Timur Gudangnya Guru Besar

10 Provinsi dengan Jumlah Profesor Terbanyak, Jawa Timur Gudangnya Guru Besar

Terkini | sindonews | Rabu, 10 Juli 2024 - 19:05
share

Ini daftar 10 provinsi dengan jumlah profesor terbanyak. Dunia perguruan tinggi memegang peranan penting dalam pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan kualitas pendidikan di suatu negara.

Salah satu ukuran prestasi akademik di perguruan tinggi adalah jumlah profesor yang dimiliki oleh suatu provinsi. Berdasarkan data Statistik Pendidikan Tinggi tahun 2020 yang diperoleh dari PDDikti (Pusat Data dan Informasi Pendidikan Tinggi), artikel kali ini akan membahas 10 provinsi dengan jumlah professor terbanyak di Indonesia, simak ya!

10 Provinsi dengan Jumlah Profesor Terbanyak

1. Jawa Timur (1.024 profesor)

Jawa Timur memimpin di urutan pertama dengan jumlah profesor terbanyak di Indonesia. Provinsi beribu kota Surabaya ini memiliki berbagai perguruan tinggi ternama yang menghasilkan banyak profesor dalam berbagai bidang ilmu. Di Jatim terdapat sejumlah PTN favorit seperti Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Brawijaya (UB).

2. Jawa Barat (974 profesor)

Jawa Barat menempel Jatim sebagai provinsi dengan jumlah professor terbanyak. Keberadaan perguruan tinggi yang berkualitas di Jawa Barat menjadi faktor penentu dalam jumlah profesor yang signifikan di provinsi ini. Universitas terbaik di Jabar di antaranya ITB, dan Universitas Padjadjaran (Unpad).

3. DKI Jakarta (792 profesor)

Sebagai ibu kota negara, DKI Jakarta memiliki berbagai perguruan tinggi terkemuka yang menghasilkan banyak profesor di bidang ilmu yang beragam. Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan UPN Veteran Jakarta merupakan sejumlah PTN di Ibu Kota.

4. D.I. Yogyakarta (602 profesor)

Yogyakarta, sebagai kota pelajar, juga memiliki jumlah profesor yang cukup signifikan. Keberadaan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi kontributor utama dalam jumlah profesor di D.I. Yogyakarta.

Baca juga:Gelar dan Jabatan Akademis Pendidikan Tinggi di Indonesia, Kamu Sudah Punya?

5. Sulawesi Selatan (560 profesor)

Provinsi Sulawesi Selatan memiliki jumlah profesor yang signifikan. Keberadaan Universitas Hasanuddin dan perguruan tinggi lainnya di Sulawesi Selatan memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pendidikan tinggi dan penelitian di provinsi ini.

6. Jawa Tengah (558 profesor)

Jawa Tengah juga memiliki jumlah profesor yang cukup besar. Keberadaan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta adalah faktor penting dalam jumlah profesor yang signifikan di provinsi ini.

7. Sumatera Utara (326 profesor)

Provinsi Sumatera Utara memiliki jumlah profesor yang cukup besar. Keberadaan Universitas Sumatera Utara dan Universitas Negeri Medan menjadi kontributor utama dalam jumlah profesor di provinsi ini.

8. Sumatera Barat (257 profesor)

Provinsi Sumatera Barat juga mencatat jumlah profesor yang signifikan. Keberadaan Universitas Andalas dan perguruan tinggi lainnya di Sumatera Barat memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pendidikan tinggi dan penelitian di provinsi ini.

9. Bali (256 profesor)

Provinsi Bali memiliki jumlah profesor yang cukup signifikan. Keberadaan Universitas Udayana dan perguruan tinggi lainnya di Bali menjadi faktor penentu dalam jumlah profesor di provinsi ini.

10. Sulawesi Utara (135 profesor)

Provinsi Sulawesi Utara juga mencatat jumlah profesor yang cukup besar. Keberadaan Universitas Sam Ratulangi dan perguruan tinggi lainnya di Sulawesi Utara memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pendidikan tinggi dan penelitian di provinsi ini.

Topik Menarik