Catat! Ini Program Kerja KKN II Undip, Gandeng BKKBN dan UNICEF

Catat! Ini Program Kerja KKN II Undip, Gandeng BKKBN dan UNICEF

Terkini | joglosemar.inews.id | Rabu, 10 Juli 2024 - 15:50
share

SEMARANG, iNewsJoglosemar.id - Kepala Pusat Pelayanan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN) Universitas Diponegoro, Kurniawan Teguh Martono, S.T., M.T., menyampaikan bahwa pelaksanaan program kerja KKN Tim II akan berlangsung dari 9 Juli hingga 22 Agustus 2024. Program ini mengusung tema pemberdayaan masyarakat inklusif melalui potensi unggulan.

Tema tersebut sejalan dengan program UNDIP dalam menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan ketahanan pangan di provinsi Jawa Tengah. Untuk mendukung program kerja tersebut, ratusan dosen akan diterjunkan untuk memberikan bimbingan dan supervisi kepada mahasiswa selama menjalankan program KKN.

“Untuk mendukung program kerja tersebut diterjunkan sebanyak 245 Dosen yang berasal dari 11 fakultas dan 1 Sekolah sebagai dosen KKN. Pada KKN ini beberapa mitra instansi bekerja sama yaitu dengan BKKBN Perwakilan Jawa Tengah dan UNICEF," terangnya.

Program yang dilaksanakan pada KKN periode ini di antaranya percepatan penurunan stunting di 30 desa yang tersebar di 10 kabupaten; kesehatan ibu dan anak di 6 kabupaten; pemberdayaan anak tidak sekolah; pemetaan, pengelolaan potensi wilayah untuk mendukung pemberdayaan masyarakat dan program keilmuan yang bertujuan untuk memberikan pengalaman baru kepada mahasiswa dalam mengimplemntasikan ilmu pengetahuan di masyarakat.

“Selain program di atas kegiatan KKN ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan nonteknis dari mahasiswa seperti dalam pemecahan masalah, berbicara di depan umum, kerja tim, dan kepemimpinan,” tandas Teguh.

Dengan dukungan dari berbagai pihak dan program kerja yang telah dirancang dengan baik, diharapkan pelaksanaan KKN ini dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat serta memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa.

 

Topik Menarik